Eksotika Kulit Telur

Manfaat lain kulit telur adalah bisa dipakai sebagai bahan penghias furnitur dan aksesoris yang unik. Siapa bilang kulit telur tidak bisa bermanfaat sebagai furnitur atau bahkan aksesori penghias rumah?               

Kulit telur yang dicat atau diukir menjadi hiasan, tidak kalah menarik dengan material lainnya. Adalah Teguh Joko Dwiyono, desainer sekaligus pemilik galeri kerajinan kulit telur. Pecahan telur yang dibuang ketika istrinya sedang memasak melatarbelakangi pria yang juga seniman ini, untuk memilih media kulit telur sebagai sebuah kerajinan tangan.

Namun, untuk menghasilkan kerajinan tersebut, Teguh membutuhkan waktu dua tahun untuk bereksperimen. ”Kulit telur yang dibuang tadi dapat menjadi sebuah kerajinan yang menarik sebagai aksesori ruang maupun furnitur.                

Karena hasil kerajinan ini memiliki karakteristik dan nilai filosofis. Ketahanan kulit telur pun memiliki kekuatan yang luar biasa,” kata Teguh kepada SINDO saat ditemui di sebuah pameran di Jakarta. Kulit telur tahan terhadap api, tidak akan dimakan oleh rayap atau hama lainnya, serta tahan terhadap pergantian cuaca. Begitu pula bila kena sinar matahari, tidak akan memudarkan warnanya. Kulit telur ini seakan menyampaikan sebuah pesan khusus kepada setiap orang yang akan menggunakannya.                  

Bahwa meskipun dipegang rapuh, namun kulit telur memiliki kekuatan yang luar biasa hebatnya ibaratnya seperti rahim manusia. Bahan kulit telur yang digunakan untuk membuat kerajinan furnitur dan aksesori terbagi atas tiga jenis peruntukan, yakni kerajinan yang berasal dari kulit telur ayam negeri, kulit telur ayam kampung, dan burung puyuh. ”Setiap pemilihan material beragam kulit telur itu akan menjadikan tampilan kerajinan memiliki wajah yang berbeda,” sebut Teguh, mantap. Namun, setiap jenis kulit telur punya corak berbeda bila diaplikasikan menjadi sebuah produk kerajinan. Kerajinan dari kulit telur ayam negeri (broiler) memunculkan corak berwarna putih.                      

Telur ayam kampung memunculkan corak hitam kemerah-merahan. Adapun corak hitam muncul dari kulit telur burung puyuh. Untuk menghasilkan seluruh produk penghias rumah ini, dimulai dengan proses membersihkan kulit telur dan melepas lapisan putih kulit di dalamnya. Telur yang sudah dibersihkan ini kemudian dijemur hingga betul-betul kering. Agar semua manfaat itu dapat berfungsi maksimal, kemudian kulit telur yang sudah mengering itu diambil satu per satu untuk kemudian ditempelkan dengan lem di media yang akan dijadikan kerajinan, baik di atas kanvas,kayu, kaca, dinding, sampai plafon.                    

Kemudian tahap selanjutnya adalah finishing yaitu d e n g a n mengampelas hingga halus. Wa k t u yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu item hiasan kulit telur ini tergantung medianya dan tingkat kesulitan pengerjaannya. Paling lama memakan waktu satu bulan untuk pembuatan sebuah lukisan dari kulit telur. Untuk menyelesaikan media berukuran satu meter persegi, membutuhkan 200 butir telur. ”Biasanya saya memperoleh ratusan hingga ribuan pecahan kulit telur ini dengan cara membelinya dari tukang nasi goreng,” jawabnya tanpa menjelaskan berapa harganya.                   

Menurut Teguh, produk kerajinan ini sudah diekspor ke AS dan Eropa. Produk kerajinan yang berasal dari bahan kulit telur ini dapat diperoleh dengan kisaran harga mulai dari Rp2.500 sampai Rp30 juta. ”Barang-barang ini cocok digunakan di rumah dengan gaya etnik karena konsep temanya diadopsi dari budaya Nusantara. Hanya tampilannya menggunakan kulit telur,”sarannya. 

Alamat :

Jl Duren IV no 9,

Pegambiran, Rawamangun

Telp, 021-4786-3251

e-mail: dwieggshell@yahoo.com

About these ads

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

22 Responses to Eksotika Kulit Telur

  1. Ari Siswoyo mengatakan:

    Mohon bantuannya untuk keterangan dan informasi lebih lengkap tentang Bpk Teguh Joko Dwiyono, baik mengenai website-nya, alamat usahanya maupun alamat galerinya, juga … apakah Beliau (Bpk. Teguh Joko Dwiyono) juga membuat buku? Jika ada apa judulnya? Balasan dan penjelasannya sangat kami harapkan.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

  2. M.F.HIDAYATULLAH mengatakan:

    Mohon keterangan dan informasi lebih lengkap tentang Bpk Teguh Joko Dwiyono, baik mengenai website-nya, alamat usahanya maupun alamat galerinya, juga … apakah Bpk. Teguh Joko Dwiyono juga membuat buku? Jika ada apa judulnya? di mana saya bisa mendapatkannya? Balasan dan penjelasannya kami harapkan.
    terima kasih sebelumnya.

  3. nurmegah mengatakan:

    Mohon keterangan dan informasi alamat galeri Bpk. Teguh. Thanks sebelumnya

  4. anto mengatakan:

    Assalamualaikum
    Saya anto, di Surabaya.
    Saya sangat terkesan, dengan artikel ini.
    Saya ingin tanya, emailnya mas Freddy Dwi Susianto apa ?
    atau No Telephone yang bisa saya hubungi Berapa?
    Karena di Rumah saya Banyak sekali Kulit Telur Puyuh. Bahkan Setiap Hari banyak sekali kulit telur puyuh Selalu di buang. Sekedar informasi, Ibu saya Agen Telur. Dan setiap hari Dapat order Telur puyuh matang untuk keperluan Bakso, makanan prasmanan seperti pernikahan ataupun hajatan. Dan kulit telur puyuh tersebut Dibuang begitu saja. Saya ingin memanfaatkannya dengan menjualnya. Agar bisa membantu Orang tua Saya, terutama Ibu Saya.
    Mohon Bantuannya.
    Terimakasih.
    Wassalamualaikum

  5. Klana mengatakan:

    Mohon informasi mengolah kulit telor menjadi benda seni dan pengepul kulit telor

  6. Rosita mengatakan:

    Tlong penjelasan,bagaimana mengolah limbah kulit telur,lem yg d gunakan lem apa?tlong balasannya,trimakasih atas kebaikannya

  7. annaz mengatakan:

    UAPIK

  8. muksin mengatakan:

    cara” untuk mnglolah kulit telur dengan baik itu sprti apa…lalu lem yg dgnakan itu lem yg sperti apa untuk merekatkn ke lukisan atau bnda lain, apakah dngan mnggunakn lem trtntu untuk mlkatkan nya…tolong di balas….

  9. Gharnya mengatakan:

    Mas, minta info apakah kerajinan ini sudah sampai di Bali?

  10. totok p mengatakan:

    Mohon infrmasi : apakah bp teguh menyelenggarakan kursus atau pelatihan bagi yg berminat mendalami seni kulit telur? klo ya , gimana caranya. tx

  11. najib mengatakan:

    saya juga tertarik sekali dengan seni kulit telor,kami ingin belajar ,apa pak teguh bersedia ya?trm,.

  12. bu astiti bali mengatakan:

    Saya guru SD di Bali, Mohon bantuannya cara mengerjakan kerajinan kulit telur yang bisa saya kembangkan untuk proses belajar mengajar di SD. Trimakasi

  13. Yudhay mengatakan:

    Seni Kulit Telur – Ajib……..

  14. aji mengatakan:

    Saya sangat tertarik sekali dengan seni kulit telor ini. Saya ingin mempelajari bagaimana cara dari proses pembuatan sampai dengan hasil akhir . Apakah pak Dwiyono bersedia memberi tips nya?
    Trima Ksh,.

  15. Edi Trisnayadi mengatakan:

    Kepada Yth
    Bapak Teguh Joko Dwiyono
    di
    Tempat

    Saya dari Bogor, saya sangat tertarik sekali dengan seni dari kulit telur ini.

    Pertanyaan saya:

    1. Apakah Bapak mengadakan kursus untuk itu, bila tidak boleh kah saya belajar kepada Bapak untuk seni dari kulit telur ini ?

    Mohon balasannya dan dapat kiranya jawaban diemail kepada saya editrisnayadi@yahoo.com

    Terima kasih saya ucapkan sebelumnya

    Hormat saya

    Edi Trisnayadi

  16. SUprianto Priikiteuww mengatakan:

    asalam mualaikum wr.wb
    kepada yth.
    bpk. Teguh Joko dwiyono
    di
    tempat

    saya punya pertanyaan untuk bapak :

    1. bahan2 apa saja yang dibutuhkan ?
    2. bagaimana cara pembuatannya ?

    tolong jawab pertanyaan saya karena saya sangat tertarik dengan usaha bapak
    mohon balasannya ke email saya
    atodjavahokakai@yahoo.co.id
    serta lampirkan no telp bapak

    wassalam mualaikum wr.wb

    terima kasih

  17. yadi mengatakan:

    ada ga’ manfaat dari kulit telur puyuh…..???

  18. Idosy mengatakan:

    Minta tampilin gambar

  19. pca skin care travel size mengatakan:

    Great post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Very helpful info specifically the last part :) I care for such info much. I was seeking this particular info for a very long time. Thank you and best of luck.

  20. seo monthly plan mengatakan:

    Excellent post however I was wondering if you could write a litte more on this topic?

    I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more. Thank you!

  21. mooduu mengatakan:

    Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to more added agreeable from you! However, how
    can we communicate?

  22. women mengatakan:

    While these products can work differently for different people, providing relief to
    a minimal or large degree, the most effective treatments seem to fall under diet and prevention.
    The charm of stunning chandeliers to enlighten your great party.
    So there, you have all the root causes of hemorrhoids.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: