BPOM Usulkan Formalin Dicampur BITREX

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Husniah Rubiana Thamrin Akib mengatakan, BPOM mengusulkan penggunaan zat terpahit di dunia, yaitu Bitrex untuk dicampurkan pada Formalin.

          Diharapkan dengan pencampuran itu tidak ada lagi penggunaan formalin pada makanan, katanya kepada para wartawan di Jakarta, Jum’at, (27/7).
          Menurut Husniah, apabila formalin dicampur dengan bitrex, otomatis zat yang biasa dipakai untuk mengawetkan jenazah tersebut tidak dapat dipergunakan lagi untuk produk makanan seperti tahu, bakso, ikan dan mi basah.
          “Produsen atau pedagang yang nakal umumnya mengawetkan makanan tersebut dengan formalin, katanya. Bitrex adalah zat yang paling pahit. “Usulan penggunaan bitrex pada formalin itu berasal dari Badan POM Srilanka, yang berhasil menumpas peredaran formalin pada makanan di negara mereka,” kata Husniah. 
          Biaya penggunaan bitrex untuk dicampur dengan formalin sangat murah. “Harga bitrex per 1 ppm, hanya Rp5.500,” katanya sambil menambahkan, 1 ppm (part per million adalah kurang dari setengah sendok makan) dan ini sudah cukup untuk membuat pahit bila dicampur dengan 1 ton formalin.
          Menurut Husniah BPOM sudah menginstruksikan kepada Balai POM di berbagai daerah untuk terus merazia dan menyita produk obat-obatan dan makanan asal Cina seperti pasta gigi, manisan dan permen, katanya.

Kominfo

About these ads

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: