Menata Taman Buah

MERANCANGtaman yang dihiasi pohon buah-buahan bisa menjadi alternatif untuk hunian Anda. Selain asri, taman buah banyak manfaatnya. Menghiasi taman dengan pohon produktif, menjadi pilihan lain yang bisa kita lakukan.

Ada dua manfaat sekaligus yang bisa kita ambil dalam menata taman yang dihiasi pohon buah-buahan ini. Selain asri, hasil pohon produktif ini bisa kita optimalkan untuk kebutuhan penghuni rumah. Namun, dalam menata taman buah di rumah ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ketersediaan lahan halaman yang dimiliki.

Arsitek Lanskap Nirwono Yoga menjelaskan,ada dua macam tanaman buah. Pertama, jenis tanaman buah yang harus ditanam langsung di tanah dan memerlukan lahan yang luas, contohnya pohon nangka, sukun, atau durian. Jenis kedua, tanaman buah yang dapat ditanam di pot.

Khusus untuk tanaman buah yang ditempatkan di pot, biasanya dalam bentuk ukuran kecil atau sudah dibonsai.Jadi, tidak perlu berukuran besar pun pohon buah itu dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Pohon buah yang dapat ditanam di pot jumlahnya agak terbatas, seperti pohon mangga, jambu, rambutan, alpukat, belimbing. ”Jadi, pilihan media tanam disebabkan keterbatasan lahan ini perlu disiasati untuk menanam pohon buah dengan hasil yang baik,”tuturnya.

Selain itu, kita perlu mengetahui dengan pasti jenis hama pohon buah yang akan ditanam. Sebagai contoh, pohon jambu air kalau tidak dirawat dengan baik, dapat menjadi tempat berkembang biak ulat bulu. Kalau si penghuni rumah tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk memelihara, sebaiknya jangan menanam pohon jambu air. Namun, lebih baik menanam pohon mangga atau rambutan, yang lebih mudah perawatannya.

Peletakan tanaman tersebut di taman rumah perlu pula diperhatikan dengan cermat. Caranya dengan memperhatikan datangnya arah sinar matahari. Semua jenis pohon buah merupakan tanaman yang harus mendapatkan cukup banyak sinar matahari dan bukan merupakan pohon teduh. Sebab, kalau terlalu teduh justru tidak berbuah.

Nirwono menyarankan kalau lahan taman di rumah dirasakan tidak terlalu besar, ada baiknya jangan menanam pohon buah yang dapat tumbuh besar. Misalnya, luas tanah taman hanya 3 x 5 meter, jangan menanam pohon sukun atau nangka. Selain lahannya tidak seimbang, akar tanaman semacam itu juga dapat merusak konstruksi.

”Ini yang perlu diwaspadai, kalau tidak merusak konstruksi rumah, akar tadi dapat merusak pagar rumah,” ingat anggota Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia. Hal lain yang tak kalah penting adalah masalah perawatannya. Tanaman buah ini harus sering dipangkas supaya ruang di bawahnya cukup segar.Kalau tidak rajin dirawat, ruang di bagian bawah bisa menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit karena lembap. Bentukan dari tanaman buah pun perlu diperhatikan.

Sebab, ada bentukan pohon yang tajuknya melebar dan ada pula yang tajuknya meninggi. Sebagai contoh, kalau tajuknya melebar tapi ruangnya sempit, tanaman tersebut bisa terkena bagian genteng rumah. Lahan di bawah pohon buah tadi harus mendapatkan perhatian yang tak kalah pentingnya. Lazimnya pohon buah yang rindang, daunnya akan menyebabkan tanah di bawahnya menjadi teduh.

Lahan tanah yang teduh membuat rumput enggan tumbuh. Untuk itu, harus diikuti strategi mengolah lahan di bawah pohon buah tadi.Jangan menanam rumput di bawah pohon buah, tapi tanam pohon jenis semak atau tanaman pengawas (ground cover), bisa berupa tanaman kacang-kacangan atau jenis pakis. Itu untuk menutupi tanah yang gundul. ”Bisa saja di sekitar bawah pohon diberikan batu-batuan koral atau jadi taman santai, dibuatkan kolam ikan atau tempat duduk,” sarannya.

Menanam Menurut Fengsui

ImageENERGI POSITIF, Tanaman harus singkron dengan karakter tanah, posisi bangunan, dan penghuni.

AHLI fengsui Rhafael Effendy mengatakan, setiap benda hidup ataupun benda mati sudah pasti menimbulkan suatu energi. Energi tersebut dapat bersifat positif atau negatif. Tanaman buah hanya merupakan salah satu simbol benda, masuk dalam kategori benda hidup.

”Ada beberapa jenis tanaman buah yang sebaiknya tidak ditanam di depan rumah, di antaranya pohon pepaya, anggur, pisang, srikaya,” ujar Fendy––begitu dia akrab disapa. Pohon-pohon berduri dan mempunyai hawa panas, contohnya pohon buah durian, sebaiknya tidak ditanam di halaman depan rumah.

Hadirnya tanaman semacam itu dapat menimbulkan energi negatif bagi penghuni rumah. Selain memperhatikan jenis tanaman buahnya, si penghuni rumah juga perlu memperhatikan posisi rumah bersangkutan. Termasuk pula, karakter si penghuni yang menempati rumah tersebut. ”Berbagai pohon yang disebutkan tadi tidak baik ditanam di depan rumah. Namun, kalau ditanam di bagian belakang atau samping rumah tidak apaapa,” ungkapnya.

Adapun, pohon yang dapat memberikan energi positif dalam sebuah hunian, di antaranya pohon bambu kuning atau tebu hitam. Tanaman tadi sangat baik dari kacamata fengsui ditanam di halaman muka rumah. Untuk memastikan posisi yang pas untuk menanam pohon, terlebih dulu ahli fengsui perlu melihat lokasi rumah tersebut.

Sebab, setiap tanah dan rumah punya karakteristik hawa berbeda-beda berkaitan dengan energi positif dan negatif yang dimilikinya. ”Pada prinsipnya harus sinkron antara karakter tanah, posisi bangunan rumah, dan si penghuni rumah tadi. Ketiga unsur itu saling berkaitan erat dan tidak bisa terlepas,” ingatnya.

Kalaupun akhirnya si empunya rumah memang ingin menanam pohon buah, disarankan ditanam pada jarak terjauh dari bangunan rumah. Jangan dekat ke teras, depan kamar, atau bangunan utama rumah. Alangkah lebih baik bila ditempatkan di posisi tersudut dekat pagar depan halaman rumah, tapi jangan menghalangi pintu utama. Tujuannya untuk meminimalisasi hawa negatif masuk ke rumah tersebut.

Seputar Indonesia

About these ads

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Menata Taman Buah

  1. Ky sports Radio mengatakan:

    Way cool! Some very valid points! I appreciate
    you writing this write-up and also the rest of the website
    is very good.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: