Pertagas-Kogas Kerjasama Bangun Terminal LNG

Anak perusahaan PTPertamina (Persero), PT Pertagas berkerjasama dengan perusahaan energi Korea, Kogas, berencana membangun terminal penerima gas alam cair (liquified natural gas Receiving Terminal/LNG RT) di Pulau Jawa.Saat ini kedua perusahaan sedang melakukan studi kelayakan (feasibility study/FS) LNG RT tersebut.

Direktur Pengembangan dan Niaga Pertagas Harjana mengatakan kajian akan dilakukan pada beberapa hal, di antaranya lokasi, pasokan dan permintaan serta keekonomian proyek terminal LNG.

“Kami akan studi, mungkin kapasitasnya minimal satu train,” katanya di Palembang, Rabu (15/8).

Studi tersebut merupakan kelanjutan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan beberapa bulan lalu.

Menurut Harjana, jika FS menyatakan proyek ini layak, maka pihaknya akan menggandeng pihak lain seperti PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Memang, merujuk pada studi awal, pembangunan terminal LNG dinilai ekonomis khususnya di Jawa dalam jangka menengah hingga panjang.

Harjana menjelaskan, terminal LNG tersebut bisa menjadi alternatif pasokan buat pipa gas Gresik-Semarang-Cirebon yang akan dibangun.

Selain terminal LNG, sumber gas bisa berasal dari lapangan gas Blok Cepu dengan perkiraan produksi 500 juta kaki kubik per hari (mile mile standart feet per day/MMSCFD).

Namun, menurut pengakuan Hanjana, kepastian pasokan gas dari Kalija dan Wilayah KerjaCepu hingga kini masih belum ada. Mengenai jadwal pembangunan pipa Kalimatan Timur-Jawa Tengah (Kalija) dan berapa gas terbukti WKCepu masih belum diketahui.

“Kalau ditanya mana yang pasti, itu belum semua,” imbuhnya.

Pertagas menilai ke depan pembangunan LNG RT memiliki peran penting. Saat ini ada tiga perusahaan yang berencana membangun kilang berjenis ini, yaitu Pertagas, PGN dan PTPerusahaan Listrik Negara (Persero).

Dari tiga perusahaan ini, hanya Pertagas dan PGN yang akan menggarap bisnis distribusi gas untuk konsumen.

“PLN tidak jual ke yang lain karena Bukan gas tranporter, hanya untuk pembangkit. Kalau kelebihan, PLN tidak jual. Berarti kan pasar di luar itu kan potensial. Itu yang akan diambil PGN dan Pertagas,” tuturnya.

Karena itu, kata Hanjana, Pertagas dan PGN akan bekerjasama dalam pembangunan LNGRT. Keduanya akan berperan dalam LNG yang dibangun PGN maupun Pertagas. PGN sendiri telah mengajak Pertagas andil di pembangunan LNGRT miliknya yang rencananya dibangun di Jawa Timur.

“Kita akan gabungkan LNG RT yang akan dibangun PGN dan kita,” harapnya.

Selanjutnya, gas Kalimantan Timur yang akan dialirkan melalui pipa Kalimatan Timur-Jawa Tengah dengan perkiraan 700-1.000 MMSCFD.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: