TWIST, Bentuk Pinggul Seksi

PINGGUL sering diidentikkan dengan keseksian.Tak salah bila bagian ini menjadi begitu diperhatikan oleh kaum wanita.

Wilayah pinggul sering menjadi momok, khususnya bagi wanita karena kerap menimbulkan masalah. Penumpukan lemak yang melebar dianggap mengurangi daya tarik penampilan seseorang.

Bagian pinggul dekat dengan beberapa bagian tubuh lain yang jadi perhatian utama, seperti perut, bokong, paha dan betis. Bagian yang sering kali dikeluhkan, apalagi untuk urusan fashion. Pinggul yang besar tentu menyulitkan kaum wanita mengikuti tren pakaian terbaru.

Apalagi bagi mereka yang memiliki kecenderungan gemuk, daerah wilayah perut, pinggul dan bokong sangat rentan mengalami penumpukan lemak. ”Umumnya wanita datang ke gym mengeluhkan masalah itu. Mereka ingin mengecilkan bagian perut dan pinggul. Sebab, bagian itulah yang memperlihatkan keindahan wanita,”ujar instruktur senam profesional Dedin Ardiansyah.

Masalah itu kerap menjadi keluhan yang tak pernah usai. Padahal, masalah itu tidak lain merupakan kelanjutan dari kurangnya perhatian orang terhadap pola makan,olahraga, serta istirahat. Saat orang mengacuhkan olahraga dan pola makan, lemak berlebih pun mudah datang.

Susahnya,bagian-bagian tertentu seperti pinggul bila sudah telanjur berlemak sulit dihilangkan. Saat gelember-gelember itu kian melebar, tubuh ideal, dan kelangsingan seperti sulit didapat. Meskipun telah melakukan diet keras,tapi tetap saja gelember masih menempel pada bagian itu.

”Biasanya untuk latihan tersebut satu paket. Artinya, latihan tidak hanya diperuntukkan untuk bagian pinggul.Tapi, melakukan latihan pembentukan lain,seperti perut,paha maupun betis,”ungkap Dedin. Sementara untuk pinggul sendiri,menurut Dedin,banyak bermain dengan gerakan twist atau putaran.

Twist merupakan latihan menggerakkan bagian pinggang atas berlawanan arah dengan bagian kaki.Gerakan ini memberikan manfaat langsung pada bagian pinggul, pinggang, dan bokong. Selain itu, otot-otot kaki pun ikut terlatih.”Untuk melatih bagian pinggul dianjurkan memperbanyak latihan twist. Sebab dengan bergoyang berlawanan arah, otot-otot pinggul akan terlatih menjadi kencang,” kata Dedin. Untuk latihan di gym, twist selalu dianjurkan.

Latihan ini biasanya menggunakan sebuah alat putar yang digunakan untuk menggerakkan kaki berlawanan arah dengan tubuh.Sebelum melakukan latihan aerobik, Dedin selalu meminta muridmuridnya melakukan twist terlebih dahulu. Namun, alat tersebut memang hanya sebatas pembantu.

Hal utama adalah keinginan untuk berolahraga. Gerakan twist bias dilakukan sendiri tanpa bantuan alat.Caranya pun sangat sederhana, namun membutuhkan keseriusan dan konsentrasi. Posisi dua tangan rapat di dada, sedangkan posisi ujung kaki jinjit. Setelah itu tangan digerakkan ke samping kiri dan kanan, berlawanan arah dengan gerakan pada posisi kaki yang juga ikut berputar.Dengan begitu, otot-otot pada bagian pinggang dan pinggul tertarik mengikuti gerak tubuh.

“Latihan ini sangat mudah, tapi memerlukan konsistensi. Semakin sering melakukan twist, otot-otot pinggul pun akan terlatih dengan baik. Gerakan ini juga melatih bagian pinggul sayap,samping, serta belakang,” tutur instruktur tetap di Atlantic Fitness Sports Mall, Kelapa Gading, Jakarta Utara itu.

Selain latihan, ada sejumlah latihan tambahan yang berfungsi memberikan optimalisasi pada pembentukan bagian pinggul. Antara lain gerakan menyamping, knee up, tendang dengan posisi telapak poin lurus. Itu akan melatih bagian kaki, paha dalam bagian luar, sehingga terlatih semua.

Selain berlatih dengan gerakan tersebut, kebiasaan menari dan bergoyang mengikuti musik juga baik untuk kesehatan. Sebab, dengan bergoyang, otototot tubuh akan bergerak. Gerakan yang mengaktifkan otot secara tidak langsung memberikan kerja dan latihan pada otot.

“Dengan bergoyang maupun berjoget mengikuti musik,akan memberikan latihan pada otototot pinggul. Meskipun tidak optimal, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali,” kata Dedin. Otot akan terlatih saat seseorang bergoyang.Namun,goyangan itu tidak akan berguna bila dilakukan secara sembarangan. Artinya, seseorang harus memperhatikan bagaimana konsistensi dan aturan dari gerakan itu.

Cara yang paling mudah adalah dengan memperhatikan tempo pada lagu. Pemahaman terhadap tempo serta beat pada lagu akan mengoptimalkan gerakan. Selain itu, gerakan pemanasan harus diperhatikan. Gerakan menjadi sangat penting karena tanpa adanya pemanasan otot tubuh yang masih dingin mudah mengalami cedera.

Kombinasikan Aerobik dan Koreografi

OLAHRAGAmerupakan cara paling murah untuk sehat. Dengan melakukan olahraga, kesehatan bisa terjaga dan terhindar dari biaya besar saat sakit.

Namun, sebagian besar orang justru malas melakukan latihan-latihan yang mengaktifkan otot karena berbagai hal. Padahal, dengan melakukan gerakan sederhana seperti menari atau pun sekadar menggoyangkan badan, otot sudah bisa terlatih. Dengan berjoget, otot pada pinggul ikut aktif.

”Namun, gerakan itu memang tidak optimal. Apalagi kalau yang tidak beraturan, tidak ada jaminan sehat. Tapi dengan bergerak atau bergoyang, sudah cukup untuk melatih otot bagian pinggul,” tutur Dedin Ardiansyah.

Agar lebih optimal, gerakan twist menjadi gerakan utama untuk pinggul. Tapi latihan tersebut juga memerlukan latihan lain untuk menunjang kesempurnaan yang ada. Latihan otot perut misalnya, menjadi hal mutlak untuk dilakukan.

Perut menjadi tempat paling empuk bagi datangnya lemak. Lemak pada bagian perut bisa mendatangkan masalah tersendiri. Bukan hanya secara penampilan, juga kesehatan. Untuk latihan yang sederhana, mengolah perut bisa dilakukan dengan cara latihan crunch. Latihan ini mengena pada bagian perut dan pinggang.

”Kalau ingin optimal memang semestinya melatih otot bagian perut, tidak hanya pinggul. Latihan crunch bisa digunakan untuk bagian perut,” kata Dedin. Sebagai tambahan, aerobik menjadi cara ampuh untuk penampilan. Aerobik dapat membakar kalori yang cukup besar pada tubuh.

Selain itu, gerakangerakan aerobik juga mencakup beberapa latihan yang diperlukan untuk pembentukan. Seperti latihan twist yang masuk dalam gerakan aerobik. Bahkan, untuk menghindari kejenuhan, gerakan kreasi bisa menjadi alternatif. Dedin sendiri selalu menambahkan gerakan koreografi ciptaannya untuk memberikan kesegaran dalam latihan.

Dia pun menganjurkan muridnya agar berkreasi menciptakan gaya untuk latihan. ”Yang terpenting adalah sesuai dengan tempo dan beat lagu. Selain itu, setiap gerakan harus mengutamakan power. Sebab dengan power, latihan itu akan kelihatan hasilnya,” katanya.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

2 Responses to TWIST, Bentuk Pinggul Seksi

  1. Thanks for the marvelous posting! I truly enjoyed reading it, you can
    be a great author.I will make certain to bookmark your blog and will often come back someday.
    I want to encourage you continue your great posts, have a nice holiday weekend!

  2. I have read so many content on the topic of the blogger lovers
    but this paragraph is in fact a pleasant piece of
    writing, keep it up.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: