DPR tidak Persoalkan Kunjungan Wapres ke Malaysia

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar tidak mempersoalkan jika ada pejabat Indonesia melakukan kunjungan ke Malaysia, termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan menghadiri peringatan HUT ke-50 Malaysia pada 31 Agustus 2007.”Menurut saya, berangkat-berangkat saja. Kehadiran itu bisa saja menjadi penyelesaian dari semua kasus yang dihadapi kedua negara,” kata Muhaimin seusai membuka Rapat Kerja Fraksi PKB DPR di Senayan, Jakarta, Kamis (30/8).

Wapres Jusuf Kalla pada Kamis siang ini meninggalkan Bandara Juanda, Surabaya, untuk pergi ke Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia, guna menghadiri acara peringatan HUT ke-50 Malaysia. Kalla pergi untuk mengggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berhalangan hadir.

Mengenai ancaman sweeping terhadap warga Malaysia yang ada di Indonesia, Muhaimin mengemukakan, hal itu tidak perlu dilakukan.

“Cara-cara sweeping harus dihentikan. Kita bisa menunjukkan kekuatan bangsa ini dengan cara lain, yaitu melakukan penataan dari dalam dan menyangkut TKI kita benahi serta harus punya bargaining (posisi tawar-menawar, Red),” katanya.

Cara yang bisa dilakukan pemerintah agar Malaysia memperhitungkan tenaga kerja asal Indoensia adalah menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja ke Malaysia.

“Seluruh pengiriman tenaga kerja ke Malaysia kita bisa hentikan. Sementara kita benahi infrastruktur di dalam negeri,” katanya.

Pemerintah Indonesia, kata Muhaimin, kurang tegas menyikapi desakan publik agar melakukan tindakan balasan kepada Malaysia.

“Kita harus harus tegas. Tidak adanya permintaan maaf secara tegas itu menunjukkan kita tak mampu melakukan diplomasi secara baik,” katanya.

Menurut dia, tindakan tegas pemerintah juga bisa berupa penarikan seluruh staf dan pimpian Kedubes RI di Malaysia.

“Memanggil pulang dubes kita atau pejabat setingkat dubes dari Malaysia,” katanya. Saat ini, jabatan dubes di Malaysia masih kosong, sehingga pejabat tertinggi adalah Wakil Dubes Fachir.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: