Investasi di BBK Ditarget Tumbuh USD1 Miliar

Pertumbuhan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Bintan dan Karimun (BBK) ditargetkan mencapai USD1 miliar.Target itu mengemuka dalam pertemuan ”Indonesia-Singapura 5th Joint Working Group”.”Ini sungguh kenaikan fantastis,” ujar Menko Perekonomian Boediono seusai pertemuan tersebut di Kuta, Bali,kemarin. Dia memaparkan, untuk merealisasikan target itu, kedua negara menyepakati 75 langkah perbaikan iklim investasi. Dari 75 langkah itu, 52 di antaranya merupakan tugas Indonesia, 13 langkah merupakan tugas Singapura dan 10 langkah tugas bersama.Boediono menjelaskan, dari 52 langkah itu Indonesia sudah menyelesaikan 33 langkah, 18 langkah masih dalam proses,dan satu langkah belum dikerjakan.

Untuk Singapura, dari 13 langkah yang menjadi tugas negara itu, 11 di antaranya sudah selesai dan dua masih dalam proses. Untuk 10 tugas bersama,tiga langkah sudah selesai, empat masih proses, tiga belum dikerjakan. Menurut Boediono, Indonesia telah mengambil langkah maju, seperti soal formulir pajak penghasilan (PPh) yang sudah ditulis dalam bahasa Inggris. Format penyelesaian bea cukai antara Indonesia dan Singapura yang bisa digabung atau dengan format yang sama, bertujuan memudahkan investor.”Kemajuan lainnya tak terlepas dari adanya kepastian hukum,”kata Boediono.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa investasi sebesar USD1 miliar diharapkan bisa menciptakan 130.000 lapangan kerja.Investasi itu diharapkan terjadi di berbagai sektor, antara lain petrokimia, pengemasan, elektronik, logistik,perminyakan dan pembuatan kapal. ”Jika ini berjalan sampai akhir 2009, investasi USD2,5 miliar akan masuk ke situ (BBK),”katanya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Lim Hng Kiang memberi apresiasi atas kerja sama tersebut. Menurut dia, pertemuan berlangsung produktif sehingga mencapai kemajuan.”Indonesia sangat tepat untuk berinvestasi. Meski begitu, masih harus ada kerja keras untuk pengembangan imigrasi, hubungan industrial, infrastruktur, dan sebagainya,”ujarnya.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: