Kadin: Larang Asing Parkir Dana di SBI

Makin tingginya dana-dana di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sudah tidak kondusif. Alih-alih meningkatkan likuiditas perekonomian, hal itu justru membebani anggaran.

 

Untuk itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia merekomendasikan Bank Indonesia (BI) untuk menerapkan kebijakan yang lebih keras, agar dana-dana tersebut tidak ngendon di SBI.

“Tampaknya Bank Indonesia, perlu melakukan tindakan-tindakan tertentu, misalnya tidak memperkenankan pihak asing menempatkan dananya di SBI, atau memberikan imbalan yang sangat rendah bila dana tersebut adalah dana APBN atau APBD,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Mohamad S Hidayat.

Hal itu disampaikan Hidayat dalam Musyawarah Tahunan Anggota AEI 2007, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/8/2007). Menurutnya, kondisi makro ekonomi yang saat ini stabil, yang diimbangin dengan tidak kunjung membaiknya iklim sektor riil justru menjadi bomerang.

Hidayat mengatakan, kondisi makro ekonomi yang stabil saat ini dinilai belum efektif dan efisien. Pasalnya, begitu banyak likuiditas di sektor keuangan tidak kunjung melorot ke sektor riil. Sangat banyak dana dewasa ini yang tidak digunakan untuk tujuan produktif yang membiayai sektor riil atau industri pengolahan.

“Kalau ditanya apakah ini (makro ekonomi yang relatif stabil) kondisi yang efektif dan efisien, maka jawabannya adalah negatif,” ungkap Hidayat.

Okezone

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: