KPK Diminta Umumkan Pejabat yang Belum Serahkan LHKPN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk mengumumkan di media massa seluruh nama penyelenggara negara, terutama di bidang yudikatif, yang belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).Langkah itu dilakukan untuk memberikan sanksi moral karena tidak sanksi tegas yang bisa diberikan kepada mereka.

Pernyataan itu diungkapkan pakar hukum JE Sahetapy ketika dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Kamis (30/8), terkait masih banyaknya pejabat yang belum menyerahkan LHKPN.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK menyebutkan dari 20.946 pejabat negara di bidang yudikatif, baru 9.191 yang menyerahkan LHKPN ke KPK.

Sahetapy menilai para penyelenggara negara yang belum melaporkan LHKPN telah menunjukkan sikap pasive resistance (penolakan secara pasif) untuk menunjukkan kekuasaan yang dimilikinya.

“Secara halus mereka bisa dikatakan tidak memiliki kesadaran dan tanggung jawab. Atau kalau kasarnya bisa disebut tidak bermoral,” kata Sahetapy.

Ia menambahkan, sikap para penyelenggara negara yang lalai melaporkan LHKPN itu harus mendapatkan sanksi moral dari masyarakat. Karena itu pengumuman nama mereka di media massa akan efektif memberikan sanksi, walaupun bukan sanksi fisik.

Selain itu, KPK juga harus melaporkan mereka ke Presiden sebagai kepala negara dan memberikan surat peringatan.

“Memang banyak UU kita yang tidak memberikan sanksi kepada para pelanggar UU. Banyak aturan yang dibuat, tanpa sanksi akibatnya pelanggar aturan tidak jera dalam mengulangi kegiatannya,” cetus Sahetapy.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah dan parlemen seharusnya melakukan revisi terhadap berbagai UU yang bersifat mengatur tapi tidak memberikan sanksi tegas.

“Harus ada sanksi untuk memberikan efek jera sehingga sistem itu terbentuk dengan baik,” tegas Sahetapy.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: