Laba Bersih PT Timah Meningkat 31,6 Kali

PT Timah Tbk., membukukan laba bersih sebesar Rp 780,8 miliar pada semester I tahun 2007, atau meningkat 31,6 kali dari Rp 23,9 miliar di periode yang sama tahun lalu.

“Ini disebabkan tingginya harga jual rata-rata logam timah, serta peningkatan volume produksi dan penjualan,” kata Direktur Utama Timah, Wachid Usman, dalam paparan publik di Hotel Aryaduta Jakarta, Kamis (30/8).

Peningkatan laba itu ditopang juga oleh adanya peningkatan volume produksi logam timah dengan melakukan unbalance smelting. Sehingga persediaan terak timah hingga akhir semester I meningkat 26 persen menjadi 16.375 ton Sn.

Wachid menyatakan bahwa tingginya produksi disebabkan peningkatan ketersediaan bijih timah. Terutama dari penambangan darat yang mencapai 37.152 ton Sn. “Ini dilakukan juga karena pasokan timah Indonesia berkurang semenjak penertiban Oktober 2006,” ujar Wachid.

Sedangkan volume penjualan logam timah selama semester I tahun 2007 mencapai 30.456 metrik ton. Atau meningkat 60 persen dari 19.083 metrik ton pada semester yang sama tahun lalu.

Rata-rata harga logam timah yang diterima perseroan selama semester I tahun ini adalah US$ 13,459 per ton. Atau meningkat 66 persen dari US$ 8,12 per ton pada periode yang sama tahun 2006.

Namun, tutur Wachid, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS selama semester I 2007 lebih rendah 2 persen dari periode yang sama tahun lalu. Dari sebelumnya Rp 9.228 per dolar AS menjadi Rp 9.042 per dolar AS.

Tempo Interaktif

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: