Merpati Fokus Restrukturisasi Armada

PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati), tahun ini, fokus melakukan pengembangan rute dan merestrukturisasi armadanya. Untuk mendukung ekspansinya, Merpati mendatangkan tiga pesawat jenis MA-60 berkapasitas 56 tempat.

Tiga pesawat itu dihadirkan untuk memperkuat armada Merpati yang melayani rute Indonesia Timur. Rencananya, pesawat buatan China ini menggantikan armada Fokker F-27 Merpati.

’’Kami sudah ada perjanjian dengan pihak manufaktur dari China untuk tidak menyebutkan harga. Yang pasti, pada 10 September nanti,pesawatpesawat itu mulai beroperasi,’’ ujar Direktur Utama (Dirut) Merpati Hotasi Nababan kepada SINDO di Jakarta,pukul 09.00 WIB,pagi tadi.

Dia menambahkan, sebelumnya Merpati menambah dua unit pesawat Boeing 737-300 pada awal bulan lalu.Dalam waktu dekat ini, Merpati akan mendatangkan dua unit Boing 737-400 terbaru yang menjadi unggulan utama.Pesawat itu akan dipergunakan untuk memperkuat jaringan pelayanan penerbangan Merpati ke wilayah Indonesia Timur.

’’Dengan penambahan beberapa armada pesawat baru dan membuka kembali rute-rute baru maupun yang sebelumnya tutup pada tahun ini, kami mematok target cash flow positif.Karena itu, kami menargetkan 3 juta pelanggan hingga akhir 2007 ini,’’ papar Direktur Niaga Merpati Jaka Pujiono kepada SINDO.

Jaka menambahkan, dengan membuka dan kembali kepada rute-rute tersebut,perseroan ingin mengembalikan kepercayaan pelanggan. Maka itu,setelah restrukturisasi, pihak Merpati akan kembali ekspansi secara berkala untuk menjangkau seluruh Indonesia. Saat ini,ujar dia,rute-rute yang telah dibuka kembali,di antaranya rute penerbangan ke Ambon, Batam, Palembang, Papua.

’’Untuk rute ke Ambon jadwalnya setiap hari,Palembang sebanyak dua kali sehari, Batam sebanyak satu kali sehari,sedangkan Papua sebanyak delapan kali sehari. Itu sudah dibuka kembali pada 16 Agustus lalu. Selain itu, kami akan gencar kembali kepada rute-rute tersebut,’’ jelasnya.

General Manager Sales Merpati Sutan Banuara menambahkan, Merpati juga telah membuka kembali rute penerbangan Bandung– Yogyakarta, yang sempat dihentikan beberapa bulan lalu. Kini, rute tersebut dilayani pesawat berkapasitas jauh lebih besar.

’’Beberapa waktu lalu, kami terpaksa menghentikan layanan di rute ini karena ada penggantian pesawat. Pesawat propeler (baling-baling) yang digunakan dulu telah diganti pesawat jet yang kapasitasnya jauh lebih banyak,’’ jelasnya. Dibukanya rute itu, menurut Sutan,karena potensi pasar di rute tersebut dinilainya cukup tinggi, baik dari kegiatan bisnis maupun wisatawan.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: