Muatan Truk di Pelabuhan Merak Mulai Membusuk

Kamacetan panjang yang terjadi di Pelabuhan Merak dalam beberapa hari belakangan, membuat hasil pertanian diangkut truk-truk mulai membusuk.”Saya angkut bawang merah dari Brebes ke Bandar Lampung. Bawangnya sudah mulai rusak akibat menunggu dua hari di sini. Jika hari ini belum juga masuk kapal, bawangnya pasti rusak semua,” ujar Anto, salah seorang pengemudi truk, Kamis (30/8).

Kondisi serupa dialami Agus, yang mengangkut cabe ke Palembang. Barang bawaannya juga mulai membusuk setelah dua hari tertahan di Pelabuhan Merak. Ia berharap pemerintah segera mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Pelabuhan Merak.

“Sejak Februari 2007 lalu, sudah empat kali kami terjebak kemacetan di sini. Kami rugi besar, karena selain barang bawaan rusak, kami harus terpaksa mengeluarkan biaya ektra untuk kebutuhan makanan dan minum,” kata Agus.

Akibat tertahan berhari-hari di Pelabuhan Merak, para pengemudi truk mengeluhkan menipisnya perbekalan. Dalam kondisi lancar, untuk biaya makan dan sebagainya, para pengemudi paling besar mengeluarkan Rp50 ribu.

“Uang untuk beli makan sudah menipis. Jika hari ini belum juga masuk kapal, kami tidak tahu mau makan apa,” kata Suroso, salah seorang pengemudi truk.

Untuk mengurangi beban para pengemudi dan kernet truk yang kehabisan uang, pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandala Sakti (MMS) telah membagikan nasi bungkus dan kopi secara gratis.

Manajer Area Cilegon Barat, Rudi Rahmautullah mengatakan pembagian makanan dan minumaan adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT MMS. Menurutnya, setiap hari PT MMS menyediakan 1.000 nasi bungkus termasuk minuman dan makanan kecil lainnya untuk awak truk yang sedang parkir di ruas Jalan Tol maupun di sekitarnya.

Sementara itu, pengangkutan truk di Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon menuju Bakauheni, masih berlangsung. Untuk mengatasi kemacaten, sejak Kamis (30/8) sebegaian truk yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan, yang terlekak sekitar 10 kilometer arah timur Pelabuhan Merak.

Kendati sebagian truk dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan, namun kondisi belum normal. Di pelataran parkir di Pelabuhan Merak maupun ruas jalan menuju pelabuhan masih dipenuhi truk yang menunggu diseberangkan ke Bakauheni.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: