ODM dan EMS Serbu Pasar TV LCD

PERTUMBUHAN pesat pasar televisi LCD (liquid crystal display) meningkatkan bisnis Original Design Manufacturers (ODM) dan Electronics Manufacturing Services (EMS).

ODM dan EMS mendapatkan kontrak dari para pemegang merek untuk memproduksi produk yang dipasarkan dengan merek pemenang merek, bukan merek ODM dan EMS. Firma riset iSuppli Corp menilai,ODM dan EMS televisi LCD terbesar dunia antara lain Amtran Technology Co Ltd, Hon Hai Precision Industry Co. Ltd, dan TPV Technology Ltd.

Pengguna televisi LCD tentu belum pernah mendengar nama- nama tersebut. Tidak mengherankan karena televisi LCD yang diproduksi oleh para manufaktur kontrak tersebut dipasarkan dengan merek berbeda. Hal yang sama terjadi pada industri ponsel. Banyak ponsel populer se- sungguhnya tidak diproduksi sendiri oleh pemegang merek, melainkan oleh para ODM dan EMS.

iSuppli menilai, ODM dan EMS diperkirakan akan memproduksi 61,8 juta unit televisi LCD hingga 2011, meningkat pesat daripada 12 juta unit pada 2006. Pada 2001, ODM dan EMS akan memproduksi satu dari tiga televisi LCD yang ada di dunia. Dengan melakukan outsourcing produksi, iSuppli mengungkapkan, pemegang merek mampu memperbaiki alokasi sumber daya, meringankan beban inventaris, serta meningkatkan fleksibilitas aset.

”ODM dan EMS memainkan peran penting dalam pengembangan pasar televisi LCD. ODM dan EMS mendukung pemegang merek dalam memasuki pasar tertentu dan berkompetisi,” papar analis EMS and ODM Services iSuppli Corp Jeffrey Wu. iSuppli mengungkapkan, outsourcing produksi televisi LCD menghasilkan pendapatan USD8,9 miliar pada 2006 dan diperkirakan bertumbuh 23,2% per tahun menjadi USD25,2 miliar per tahun pada 2011.

iSuppli menegaskan, pertumbuhan pesat bisnis ODM dan EMS didorong pertumbuhan pesat penjualan televisi LCD pada beberapa tahun terakhir. iSuppli memaparkan, penjualan televisi LCD bertumbuh 103,9% pada 2006 dan akan bertumbuh 31,7% per tahun selama lima tahun hingga 2011. iSuppli menilai, televisi LCD menjadi sangat laris karena harga televisi LCD semakin melemah sehingga tidak terpaut terlalu jauh daripada televisi CRT (cathode-ray tube) yang sekelas.

Di pasar televisi flat-panel, LCD bersaing sengit dengan PDP (plasma display panel). Televisi CRT semakin dihindari karena televisi tersebut boros daya dan ruang. Popularitas flat-panel meningkat karena pelanggan semakin menyukai layar besar berkat peningkatan penyebaran siaran televisi digital yang menjanjikan perbaikan kualitas gambar dan suara.

Kendati begitu, pada kuartal pertama 2007 televisi CRT masih mewakili porsi terbesar penjualan televisi dunia. Teknologi display tradisional tersebut masih diminati di negara-negara berkembang, di mana pelanggan memiliki anggaran belanja terbatas dan cukup puas dengan kualitas gambar pas-pasan. Namun, iSuppli menegaskan, teknologi CRT memiliki masa depan suram.

Penyebabnya tentu saja penurunan harga televisi flat-panel. iSuppli menegaskan, pasar panel LCD berukuran besar (lebih dari 10 inci) pada kuartal kedua dan ketiga 2007 menikmati penguatan pesat iSuppli merevisi naik perkiraan penjualan televisi LCD global 2007 menjadi 77,5 juta unit,naik 2% dari 75,6 juta unit pada perkiraan sebelumnya.

Pada 2008, penjualan televisi LCD global diperkirakan menembus angka 100 juta unit untuk pertama kalinya dalam sejarah. ”Pada 2009, LCD akan menjadi teknologi display dominan pada televisi, mewakili 52% dari total penjualan televisi. Pada 2011, ketika penjualan mencapai 180,45 juta unit,LCD diperkirakan menguasai 65% pangsa pasar televisi dunia,” tutur Director LCD & Projection Research iSuppli Corp Sweta Dash.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: