Produksi kabel diprediksi capai 90%

Produksi kabel nasional diperkirakan mencapai 90% dari total kapasitas terpasang sebesar 445,090 ton, jika program percepatan proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt berjalan lancar.

Irianto Tarigan, ketua umum Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia, mengatakan kondisi industri kabel nasional telah membaik. Jika pada saat krisis utilisasinya hanya sekitar 25%-30%, sekarang sudah berkisar 65%-70%.

Menurut dia, prospek bisnis perkabelan Indonesia ke depan? akan cerah. Apalagi jika rencana pemerintah membangun pembangkit listrik 10.000 megawatt pada 2010 berjalan lancar.

“Bika proyek itu terealisasi, produksi kabel di dalam negeri bisa mencapai 85%-90% dari total kapasitas terpasang,” ujar Irianto di Jakarta.

Sampai dengan akhir 2006, total kapasitas terpasang dari 33 industri kabel yang beroperasi di Indonesia tercatat 445.090 ton. Kapasitas tersebut terdiri dari kabel telekomunikasi metalik 132.900 ton, serat optik 1.590 ton, kabel listrik 258.650 ton, kabel khusus 43.150 ton serta enameled wire sebanyak 8.800 ton.

Irianto mengatakan bila tingkat utilisasi produksi kabel di dalam negeri bisa mencapai 90%, berarti kondisinya akan sama dengan posisi sebelum krisis.? Karena itu pelaku industri ini berharap proyek pemerintah tersebut berjalan lancar.

Dengan begitu produsen kabel memiliki gambaran yang jelas terhadap prospek bisnisnya ke depan. Memang proyek 10.000 mega watt ini tidak akan berdampak pada jenis produk kabel telekomunikasi. Bahkan untuk produk kabel telpon yang dikenal dengan jenis metalik ini justru akan mengalami pergeseran.

Pasalnya hampir seluruh operator telepon termasuk PT Telkom Tbk beralih menggunakan serat optik. Akan tetapi, kata Irianto, hal itu tidak menjadi ancaman bagi industri kabel nasional, karena hampir seluruh pabrik kabel metalik juga mampu memproduksi serat optik.

“Saya optimis produk serat optik ini pun juga mempunyai peluang? besar,” Pemerintah, tambahnya, telah memiliki rencana pengembangan ring palapa? yang akan mendorong permintaan produk kabel serat optik.”

Bisnis Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: