Tiket KA Elektronik Diperluas

PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daop) I Jakarta akan memperluas pelayanan sistem tiket elektronik ke seluruh jalur kereta se-Jabodetabek. Sementara ini, baru jalur Serpong–Tanah Abang saja yang dilayani tiket elektronik.

Kepala Humas PT KA Daop I Achamd Sujadi mengungkapkan, penerapan tiket elektronik di seluruh stasiun se-Jabodetabek ditargetkan pada akhir tahun ini. Dalam waktu dekat, pihaknya segera akan menyebarkan ribuan tiket elektronik untuk melayani penumpang dari arah Jakarta–Bogor.

Sementara itu, untuk jalur Jakarta menuju Bekasi, PT KA masih menunggu penyelesaian double track. Selain itu,jadwal yang diutamakan dalam penerapan tiket elektronik itu adalah pada pagi dan sore atau jam sibuk.Namun,PT KA akan melihat kemungkinan KRL AC ekonomi dioperasikan pada jam sepi antara pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB.

Tak hanya itu, frekuensi operasi KA juga akan ditambah. Hanya,Sujadi mengakui bahwa pemberlakuan tiket elektronik belum berjalan mulus. Pasalnya, sebanyak 2.000 tiket elektronik dilaporkan hilang selama kurun waktu sebulan terakhir. Perlu diketahui, saat ini jumlah penumpang KA Tanah Abang–Serpong tercatat 27.000 orang per hari. Jumlah itu diperkirakan meningkat. Pendapatan bakal naik 40%.

Namun, akibat hilangnya tiket itu, kenaikan pendapatan tersebut belum maksimal. ’’Kami masih terus mengevaluasi penerapan tiket elektronik ini.Memang ada kekurangannya. Untuk itu, kami segera membenahi masalah tersebut,”ujarnya,tadi pagi.

Dia menambahkan, hilangnya tiket elektronik itu disebabkan ketidakdisiplinan para penumpang. Bahkan, masih banyak penumpang kereta api di Stasiun Serpong yang tidak masuk melalui pintu utama. Sujadi membenarkan bahwa di stasiun Serpong terdapat tembok yang sengaja dibobol dan digunakan sebagai pintu masukkeluar. Hal tersebut mengakibatkan pihak PT KA kerap merugi.

Proses tambal-sulam terhadap tembok tersebut sudah dilakukan berkali-kali. Namun, hingga saat ini, tembok itu masih tetap dapat dilalui orang.’’Jadi,kami sudah bekerja sama dengan petugas kepolisian untuk menemukan siapa pelaku yang membobol tembok tersebut. Ini harus segera kami atasi karena masih banyak program lain yang belum selesai,”ujarnya.

Sementara itu,Kepala Stasiun Gambir Suyatno menyatakan,perluasan tiket elektronik tersebut perlu dilakukan karena kebutuhan masyarakat akan kereta api yang semakin meningkat.

Meskipun di Stasiun Gambir penggunaan tiket elektronik itu belum diberlakukan, pihaknya berharap PT KA Daop I Jakarta dapat segera memberlakukan itu. ’’Namun, tiket elektronik itu belum diberlakukan di Stasiun Gambir, jadi saya belum tahu,” ungkapnya, pukul 10.30 WIB, tadi pagi.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: