Wapres tetap akan ke Malaysia

Wapres Jusuf Kalla akan tetap menghadiri perayaan 50 tahun kemerdekaan Malaysia, meski Ketua MPR Hidayat Nurwahid dan Ketua Umum Muhammadiyah Dien Syamsuddin membatalkan ceramah di negara itu menusul kasus pemukulan terhadap wasit karate asal Indonesia.?

Menurut Kalla, kehadirannya di negara jiran tersebut mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diundang bersama para pemimpin Asia lainnya. Hubungan Indonesia dan Malayasia sebagai bangsa serumpun, ujar dia, sudah terjalin lama sehingga tidak mungkin dikorbankan hanya gara-gara tindakan empat polisi negara itu.

“Yang diundang Pak SBY, tetapi karena beliau berhalangan saya diminta mewakili beliau,” kata Wapres dalam konferensi pers menjelang keberangkatannya ke negara tetangga tersebut hari ini. Akan tetapi kehadiran Wapres pada perayaan hari bersejarah Malaysia itu tidak akan menghentikan tuntutan hukum kepada para pelaku penganiayaan terhadap Donald.

Menurut Kalla, keempat polisi itu pasti bertindak tidak karena diperintah atasan mereka dan pemerintah telah menuntut untuk diselesaikan secara hukum. “Saya juga akan bicara dengan pemerintah Malaysia.”

Kalla mengakui walaupun Indonesia dan Malaysia bersahabat, namun tetap saja ada masalah yang timbul seperti insiden penganiayaan itu. Akan tetapi tidak berarti karena ada masalah kita tidak saling berhubungan,

“Saya sudah minta kedutaan kita di samping menuntut hukum juga minta ganti rugi sebagai tuntutan perdata,” ujarnya.

Selain itu Kalla juga meminta Menpora untuk ikut memprosesnya. Kalla menegaskan Indonesia harus bertindak proporsional terhadap kasus tersebut karena kasus serupa juga bisa terjadi di Indonesia.

“Ini sama saja kalau terjadi kasus di indonesia, tidak berarti Menlu kita minta maaf setiap hari, tentu mereka sudah menyatakan penyeselannya,” kata Wapres saat berada di Bandara Juanda Surabaya.

Terhadap reaksi masyarakat yang emosi akibat tindakan brutal aparat keamanan Malaysia itu, Kalla mengatakan bisa memahaminya. Akan tetapi dia mengimbau masyarakat untuk bertindak secara proporsional.

Bisnis Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: