Bapepam-LK Revisi Aturan Emiten

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan merevisi sejumlah aturan emiten. Otoritas pasar modal itu akan meninjau peraturan-peraturan yang dinilai terlalu memberatkan emiten.”Kita tidak ingin terlalu memberatkan emiten. Jadi, aturan-aturan terkait disclosure, benturan kepentingan, dan yang terlalu memberatkan akan kita revisi,” kata Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany di sela seminar pasar modal yang diselenggarakan Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) di Jakarta, kemarin.

Fuad menuturkan, salah satu aturan yang akan diubah adalah Peraturan IX.E.1 tentang Benturan Kepentingan Transaksi Tertentu. Peraturan itu menyatakan, emiten harus menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) apabila melakukan transaksi dengan pihak terafiliasi. Hal itu memberatkan emiten karena transaksi yang dilakukan bisa saja dalam jumlah kecil atau tidak material.

”Kalau transaksinya kecil dengan pihak yang terafiliasi, masa harus RUPS? Ini yang akan kita revisi,” kata dia. Fuad menjelaskan, kendati dilakukan dengan pihak terafiliasi, jika nilainya tidak material, transaksi yang dilakukan emiten tidak merugikan investor minoritas. Transaksi itu justru berpotensi meningkatkan kinerja perusahaan.

Ketua Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Airlangga Hartarto mengatakan, revisi peraturan itu akan direspons positif oleh emiten. Menurutnya, selama ini peraturan transaksi menimbulkan benturan kepentingan, tidak membedakan suatu transaksi tergolong material atau tidak. Ini menyebabkan emiten harus selalu menggelar RUPS setiap kali melakukan transaksi dengan pihak terafiliasi.

”Padahal itu kan kuncinya pada pemegang saham mayoritas. Kalau nanti lebih simple kan lebih baik,” kata dia. Kepala Biro PKP Sektor Jasa Bapepam-LK Nurhaida menambahkan, Bapepam-LK juga akan merevisi Peraturan IX.E.2 mengenai Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha. Otoritas pasar modal itu akan mempertegas definisi kegiatan usaha utama.

Dia menjelaskan, kegiatan usaha utama tersebut terkait dengan tiap sektor usaha. ”Misalnya perusahaan tekstil produknya diekspor, apakah membeli kapal itu termasuk usaha utama atau tidak, atau apakah ini akan dikecualikan jika nilainya material, kita masih diskusikan,” kata dia.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: