BP Migas Sebaiknya Dijadikan BUMN

Status Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) sebaiknya diubah menjadi BUMN dari Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Pasalnya, BP Migas dinilai tidak bekerja dengan baik.”BP Migas yang kapasitasnya sebagai pengurus kontrak investasi migas dalam negeri menjadi lembaga yang rancu jika berbentuk BHMN. Sebab, harusnya banyak melakukan aksi korporasi dalam investasi namun tidak bisa melakukannya karena dibatasi undang-undang,” ujar Koordinator Komite Nasional Penyelamat Industri Strategis (Konpis) Marwan Batubara, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (31/8).

Ia menyatakan, kedudukan BP Migas tidak bisa diawasi. Hal ini memungkinkan terjadinya penyimpangan antara BP Migas dan pihak kontraktor seperti penggelumbungan dana cost recovery. “Contohnya adalah audit Badan Pemerikasa Keuangan beberapa waktu lalu yang menemukan fakta cost recovery yang mencapai Rp18 triliun,” tuturnya.

Sementara pengamat pertambangan Center for Indonesian Energy and Resources Law Ryad Areshman Chairil menyatakan posisi BP Migas yang tercantum dalam UU 22/2001 harus direvisi. Ekstrimnya, ia meminta BP Migas dibubarkan dan fungsi penanganan kontrak dikembalikan ke Pertamina.

Namun, ia menyadari hal tesebut sulit untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, ia menyarankan perubahan status BP Migas dari BHMN, menjadi BUMN.

“Sehingga, nantinya BP Migas menjadi menjadi institusi yang efektif dan produktif dalam dalam pengelolaan industri migas nasional,” ungkapnya.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: