Chevron Bor 500 Sumur Tahun Depan

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) akan membor sedikitnya 500 sumur atau meningkat 150 sumur dibandingkan 2007 yang 350 sumur.Presiden Direktur CPI Suwito Anggoro di Kuningan, Cirebon, mengatakan, pemboran sumur-sumur tersebut untuk mempertahankan produksi minyak tahun 2008 sekitar 400.000 barel per hari.

“Tahun ini, kami juga menambah pengeboran sumur dari sebelumnya 281 menjadi 350 sumur,” katanya.

Mengenai belanja modal (capital expenditure) tahun 2008, Suwito mengatakan, jumlahnya tidak berbeda jauh dengan tahun ini yang mencapai sekitar 400 juta dolar AS.

Menurut dia, saat ini, produksi minyak CPI mencapai 422 ribu barel per hari.

“Pada tiga bulan mendatang produksi akan meningkat 430.000 barel per hari, sehingga rata-rata produksi tahun 2007 akan mencapai 420 ribu barel per hari atau 5.000 barel per hari lebih tinggi dari target yang 415 ribu barel per hari,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Kardaya Warnika mengatakan, CPI akan mengerjakan proyek surfaktan untuk meningkatkan produksi minyak.

“Pilot percontohan diperkirakan baru terealisasi akhir 2008 atau awal 2009 dan skala besarnya pada 2010,” katanya.

Proyek tersebut merupakan upaya meningkatkan produksi minyak dengan cara menyuntikkan surfaktan atau semacam sabun untuk memisahkan minyaknya.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: