Dephan Tolak Pemekaran Kodam

Departemen Pertahanan (Dephan) menolak keinginan beberapa komando daerah militer (kodam) yang mengusulkan pemekaran, terutama di wilayah perbatasan.Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono, pemekaran hanya akan menambah beban anggaran. Padahal,saat ini Dephan sedang mengatur manajemen penganggaran pertahanan untuk kebutuhan alat utama sistem persenjataan TNI. ”Selain belum adanya peran yang signifikan, hal lain karena tidak ada kemampuan personel, finansial, serta alat-alat untuk membangun kodam baru,”tegas Juwono saat mengadakan telekonferensi dengan tokoh masyarakat Kalimantan Tengah di kantor Dephan, Jakarta, kemarin.

Diketahui sebelumnya, beberapa kodam menginginkan adanya penambahan kodam baru, terutama untuk menjaga wilayah perbatasan yang rawan ancaman pihak asing. Hal itu disebabkan, selama ini TNI kekurangan personel untuk ditempatkan di wilayah perbatasan.

Menanggapi hal ini, Menhan mengatakan bahwa tugas pengawasan pulau terluar pada prinsipnya bergantung pada koordinasi TNI dengan departemen lain. Pasalnya, masalah perbatasan tidak hanya menjadi persoalan pertahanan.Menurut dia, penjuru utama perbatasan justru berada di bawah Depdagri dan Deplu sebagai juru runding. Hal ini, ujar Juwono, sudah diatur dalam Undang-Undang tentang Hubungan Luar Negeri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dephan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, Dephan saat ini sedang membuat konsep integratif untuk membuat kebijakan nasional. Konsep ini, ungkap dia, mengatur masalah pengamanan perbatasan secara terpadu.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: