Depkominfo Siapkan Dua Tender Lisensi

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) menyiapkan dua tender pembukaan lisensi telekomunikasi setelah merampungkan tender penyelenggaraan sambungan langsung internasional (SLI).Tender lisensi yang disiapkan untuk telepon tetap lokal dan sambungan langsung jarak jauh (SLJJ). Direktur Telekomunikasi Depkominfo Budi Santoso mengaku belum tahu pasti tender mana yang akan digelar terlebih dulu.Saat ini,kata dia, Depkominfo juga masih mengkaji apakah tender dilakukan satu per satu atau langsung sepaket.

”Kalau sepaket, berarti pemenang tender dapat izin menyelenggarakan telepon tetap lokal,juga SLJJ,”ujar dia di Jakarta,kemarin. Pemenang tender telepon lokal, lanjut Budi, nantinya diwajibkan membangun sambungan berbasis kabel, bukan lagi frekuensi. Saat ini, lanjut dia,pelanggan telepon tetap kabel di Indonesia masih stagnan pada angka 8 juta.

Pembukaan lisensi kepada operator diharapkan dapat mengejar target penetrasi telepon tetap dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Depkominfo sampai 2009. Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar menyebutkan, sesuai RPJPN, sambungan telepon tetap lokal di Indonesia harus mencapai angka 13% dari keseluruhan jumlah penduduk yang diasumsikan sekitar 235 juta jiwa. Penetrasinya sejauh ini, sambung dia, baru mencapai 7–8%.

Angka ini, tidak seimbang dengan jumlah penyerapan layanan seluler yang sekarang mencapai di atas 30% dengan perkiraan pelanggan 70–80 juta. Padahal, semula layanan seluler ditargetkan tidak lebih dari 25%.

”Jadi dengan pembukaan tender lisensi ini kita ingin menyeimbangkan antara mobile dan layanan telepon tetap, baik dari lokal maupun SLJJ,”kata Basuki. Sebelumnya, anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi mengungkapkan, proses seleksi penyelenggaraan SLJJ akan dibuka paling lambat akhir bulan ini.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: