FIF Target Biayai 900.000 Motor Honda

Perusahaan Pembiayaan Astra,Federal International Finance (FIF),menargetkan pembiayaan 900.000 sepeda motorlansiran AstraHondaMotor (AHM) senilai Rp8,1 triliun.Presiden Direktur FIF Suhartono mengatakan, hingga saat ini perseroan sudah membiayai 500.000 unit sepeda motor Honda, sehingga dia optimistis pada akhir tahun bisa membiayai 900.000 unit senilai Rp8,1 triliun.

”Kita optimistis bahwa target pembiayaan itu dapat tercapai.Apalagi,Honda cukup agresif mengeluarkan produk terbaru,”jelas dia. Suhartono menambahkan, perseroan harus mengeluarkan dana tambahan untuk melakukan rekondisi apabila ada motor yang ditarik. Hal ini akan menguntungkan apabila nasabah bisa mencicil motornya hingga kredit lunas.

”Sebenarnya dalam menentukan cicilan yang diperhatikan adalah kemampuan bayar nasabah. Mereka tidak begitu memperhatikan soal bunga.Ini agak berbeda dengan pasar kredit mobil,”tandas dia. Direktur Pemasaran AHM Johanes Loman mengatakan, saat ini FIF membiayai sekitar 60% dari penjualan motor Honda yang menggunakan jasa kredit. Sisanya,sebesar 40% dibiayai perusahaan pembiayaan lain seperti WOM Finance dan Adira.

”Tapi bagi kami, dukungan FIF sangat berarti. Karena sekitar 70% hingga 80% dari pembeli motor menggunakan kredit,” ujar dia. Tahun ini,lanjut Loman,Honda menargetkan penjualan motornya mencapai 2,3 juta unit,sehingga mampu memimpin pasar sepeda motor dengan penguasaan pasar sebesar 47%. Di sisi lain,Honda berusaha mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan mengeluarkan produk-produk baru.

Loman menambahkan,Honda turut membantu perusahaan pembiayaan yang mendukung penjualannya dengan meminta mereka tidak mengenakan uang muka rendah.Sebab pada umumnya, uang muka rendah akan membuat konsumen tidak melanjutkan cicilan beberapa saat setelah kredit berjalan.

Saat ini, uang muka (DP) yang dibayarkan minimal Rp500.000– Rp700.000. ”Kalau banyak motor yang ditarik karena DP yang terlalu murah,hal itu juga menyulitkan bagi pabrikan motor. Sebab, tentu saja motor yang ditarik harus dijual kembali sehingga bisa menekan harga jual kembali motorkeluaranHonda,”jelasdia.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: