NAMARINA SCHOOL PRODUCTION Dance In Modern Jazz

Untuk pertama kalinya, teknik dasar musik balet dipadukan dengan unsur musik jazz dalam sebuah pementasan. Sekolah dance modern, Namarina, memperkenalkan gabungan keduanya dalam pertunjukan Dance! In Modern Jazz.

“Exhibition ini bertujuan agar orangtua memahami apa dan bagaimana manfaat tari balet dan jazz itu. Selain itu, dapat berguna untuk mengembangkan apa yang anak-anak pelajari selama menimba ilmu di Namarina,”ungkap Maya Tamara, pimpinan sekaligus artistic director Namarina.

Bertempat di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki,Jakarta, kemarin malam, sekitar 340 anak didik Namarina mempersembahkan pergelaran tarian modern dengan unsur musik jazz.Diharapkan, dengan memasukkan unsur tersebut bisa menambah pengalaman estetika untuk mengasah kepekaan artistik para alumni Namarina di kemudian hari.

Pergelaran tari jazz modern arahan Maya Tamara ini akan mengambil empat background yang berbeda setiap babaknya. Babak pertama mengambil latar dari suasana di lingkungan halaman sekolah, dilanjutkan dengan suasana sekolah,jalanan,dan aula tempat mereka berkompetisi. Pementasan berdurasi dua jam ini memberikan perpaduan empat unsur tarian jazz yang ada seperti jazz balet, jazz hip-hop, street jazz khusus untuk anak lelaki, serta modern theatre.

Setiap babaknya menampilkan kelas yang semakin meningkat dengan koreografi memiliki tingkat kesulitan semakin rumit.Namun,gerakanyangmereka lakukan semakin impresif dan lebih bervariasi. Di atas panggung, secara bergantian mereka memeragakan gerak dengan koreografi, musik dengan kostum yang menarik.Kelincahan mereka di atas panggung juga didukung permainan tata cahaya,suara,dan panggung yang sudah dipersiapkan dengan baik.

Sekitar dua puluhan pelatih koreografer sudah mempersiapkan pertunjukan ini sejak Mei lalu. Pergelaran dibuka oleh penampilan sekitar dua puluh anak berseragam kasual merah putih dengan hentakan kaki dan tepukan tangan satu dua dengan diiringi musik perkusi. Selanjutnya, sekelompok anak perempuan usia 3 hingga dua puluhan secara bergantian mempersembahkan rangkaian gerak dan sikap tubuh yang mantap dengan diiringi musik hip-hop dan jazz.

Empat babak ini mempersembahkan koreografi hip-hop dan jazz balet dari tingkat pertama hingga tingkat 2 dan 3 dari berbagai kelas balet di Namarina. Alur ceritanya mengenai seputarkehidupanmerekadisekolah. Cerita mengenai dua kelompok senior dan yunior yang saling adu kebolehan dalam sebuah acara kompetisi dance.

Abby (Gallaby Thahira) seorang siswi junior berambisi menjuarai kompetisi tersebut. Namun, dia mendapat kecaman dari seniornya yang dipimpin Karen (natya Ayu C R). Bibit permusuhan semakin tajam setelah Karen tidak suka dengan kedekatan Joey (Muhammad Ginastera) dengan Abby. Joey merupakan cowok keren di sekolah itu yang naksir dengan Abby.

Namun, ternyata Joey bersaudara dengan Karen. Cerita ini sangat menarik karena diselingi dengan tarian yang amat menarik. Apalagi gerakan koreografi yang dipersiapkan oleh para guru dan koreografer ini dirangkai dengan alunan musik modern. Sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan para guru serta koreografer sekaligus mengasah kepercayaan diri penari yuniornya.

Pertunjukan ini memang menjadi program uji pentas tahunan guna mengukur seberapa jauh anak didik menyerap materi latihan dengan sebuah pementasan.Di samping itu, juga untuk menunjukkan teknik balet untuk dihadapkan para orangtua mereka.

Salah satu murid Namarina di kelas senior, Nathia, menganggap perpaduan dua unsur,Jazz dan balet sebagai perpaduan yang mengasyikkan. ’’Biasanya musik jazz hanya dinikmati di kafe atau coffee shop, tapi kini bisa juga sebagai pengiring balet,’’ ujarnya.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: