NSW Fokus untuk Importir Jalur Prioritas

Pemerintah akan memfokuskan penerapan national single window (NSW) untuk 99 importir yang termasuk dalam jalur prioritas. Pasalnya, mereka dianggap lebih siap dari sisi teknologi informasi (TI).”Kita akan lebih fokus dulu. Dari 1.623 importir yang terdaftar, kita fokus jalur prioritas yang 99 importir. Dengan pertimbangan secara sistem TI, mereka lebih siap,” kata Wakil Ketua Satuan Tugas TI Tim Persiapan NSW Susiwijono di Jakarta,kemarin. Dia menambahkan, supaya komunikasi dapat lebih fokus, sistem TI pengguna akan diintegrasikan dengan sistem TI pemerintah.

Dengan demikian, secara tidak langsung mereka menjadi bagian yang terlibat dalam portal nasional. Namun, Susiwijono menegaskan, meskipun terintegrasi, sifatnya hanya tukar-menukar data.

”Jadi bukan processing,” katanya. Selain itu, pihaknya juga akan memfokuskan diri pada pelayanan impor melalui dokumen pemberitahuan impor barang (PIB). Sementara importir yang menggunakan dokumen PJ23 dan pemberitahuan impor barang tertentu (PIBT) akan dikesampingkan terlebih dulu. ”Kita coba di Priok fokus dengan impor pakai PIB,” ujar dia.

Kemudian, pelaksanaan NSW secara nasional juga masih terbentur beberapa masalah. Terutama yang berasal dari kapasitas infrastruktur pendukung serta masyarakat pengguna di daerah yang dinilai belum siap dengan pengurusan dokumen ekspor impor secara elektronik. ’’Mungkin para importir merasa khawatir dengan penerapan NSW karena sistem ini memang mengubah prosedur secara signifikan,’’ kata Susiwijono.

Dia menjelaskan, untuk uji coba NSW di Pelabuhan Tanjung Priok saja hingga kini masih terkendala ketersediaan jaringan akses internet dengan kecepatan dan bandwidth yang memadai.’’Sistem ini luar biasa besar dan lalu lintasnya juga. Jadi Desember itu belum utuh, sekarang baru terkait dengan percepatan custom clearance di Bea Cukai. Masing-masing baru online sekitar September atau Oktober. Jadi kita mengejar semuanya selesai,’’ kata dia.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: