Pertamina Temukan Cadangan Minyak di Cirebon

PT Pertamina E&P menemukan cadangan minyak sebesar 10 juta-11 juta barel di Randegan Utara, sekitar 30 km dari Kota Cirebon, Jawa Barat.Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Kardaya Warnika dalam press gathering di Kuningan, Cirebon, Kamis (30/8) mengatakan, dengan ditemukannya cadangan minyak tersebut, tentunya cadangan minyak di Indonesia juga ikut bertambah. “Namun, produksi baru bisa dilakukan setelah 5 tahun-6 tahun mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan, cadangan minyak tersebut tidak hanya didapati dalam lapisan Cibulakan, namun juga Talang Akar. Lapisan Cibulakan letaknya berada diatas Talang Akar.

Berdasarkan keterangan Direktur Pengembangan Usaha Pertamina EP Haposan Napitupulu yang ditemui dalam kesempatan yang sama, hasil eksplorasi satu sumur Randegan diperkirakan dapat menghasilkan 300 barel per hari (bph).

Pada kesempatan itu, Kardaya juga mengatakan, pihaknya telah meminta agar Pertamina mulai mengebor lapangan gas Tiung Biru, Jatim pada tahun 2007. “Kami minta pengeboran dilakukan tahun ini. Kalau peralatannya tidak ada, saya bersedia pinjamkan ke kontraktor lain,” katanya.

Menurut dia, produksi gas bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pabrik pupuk di Jawa selama 20 tahun. Haposan mengatakan, sebenarnya, Pertamina telah menargetkan sudah mulai pengeboran sumur Lapangan Tiung Biru akhir 2008 atau awal 2009.

“Namun, karena sudah diminta BP Migas tahun ini, kami akan berusaha memenuhinya,” katanya.

Lebih lanjut, Haposan mengaku tidak mengetahui persis jumlah cadangan gas lapangan tersebut. Lapangan Tiung Biru terletak berdekatan dengan lapangan gas Jambaran di Blok Cepu milik Komite Operasi Bersama ExxonMobil dan Pertamina. Cadangan gas Blok Cepu sendiri diperkirakan mencapai 1,7 triliun kaki kubik.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: