Realisasi Produksi Minyak 2007 Sudah 95%

Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) menyatakan realisasi produksi minyak hingga Agustus tahun ini sudah mencapai 95% dari target APBN Perubahan 2007.Deputi Operasional BP Migas Dodi Hidayat dalam Temu Wartawan di Kuningan, Cirebon, Jabar, Jumat (31/8), mengatakan status produksi rata-rata hingga 29 Agustus adalah sebesar 955.363 barel minyak per hari (barrel oil per day/bopd).

“Sementara produksi minyak sendiri sebesar 834.991 bopd, ditambah kondensat 120.327 bopd, sehingga total 955.363 bopd,” ujar Dodi.

Dalam APBNP 2007, produksi minyak dan kondensat total diperkirakan mencapai 1.000.000 bopd. Asumsi itu sudah memasukkan penggunaan minyak untuk lapangan Duri, Sumut, milik PT Chevron Pacific Indonesia sebesar 50.000 bopd.

Menurut keterangan Dodi, belum tercapainya sisa target produksi yang lima persen itu disebabkan adanya sejumlah kendala di lapangan. Di antaranya adalah tingginya tingkat merkuri di Lapangan Belanak, Natuna, Kepulauan Riau, milik ConocoPhillip.

Awalnya kandungan merkuri di lapangan ini diperkirakan 54 part per billion (ppb), tapi ternyata setelah dibor mencapai 1.200 ppb.

“Terjadi permasalahan karena antara asumsi awal dengan sebenarnya tidak sama. Asumsi awal kandungan merkuri cukup rendah, sehingga alat-alat yang dipasang pun hanya mampu untuk menangani kandungan merkuri sebesar itu,” kata Dodi.

Kepala BP Migas Kardaya Warnika, yang ditemui dalam kesempatan yang sama, menambahkan perbedaan kandungan merkuri itu mau tidak mau memaksa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk mengganti hampir seluruh peralatannya.

“Sehingga ada kendala-kendala di peralatan, termasuk bagaimana membersihkan kandungan merkuri ini. Hampir seluruh peralatan harus diganti, itulah sebabnya mengapa produksi tidak maksimal,” kata Kardaya.

Dodi juga menyebutkan akibat tingginya kadar merkuri tersebut, produksi di Lapangan Belanak pun meningkat tajam, atau mencapai 50% dari target produksi penuh yang sebesar 30.000 bopd.

“Menyebabkan penurunan 10.000-15.000 bopd,” ungkap Dodi.

Ia berharap masalah Lapangan Belanak ini akan terselesaikan pada akhir tahun ini, ketika semua peralatan milik ConocoPhillip sudah diganti untuk menyesuaikan kadar merkuri.

Tidak hanya Lapangan Belanak, lapangan Poleng, Madura, yang dikelola Pertamina dan Kodeco juga menemui kendala. Karena kerusakan pipa, produksi pun menurun sebesar 8.000 bopd.

Ditambah lagi, lapangan Sembilang milik ConocoPhilip yang hendak ditutup karena tidak ekonomis lagi. Jika benar ditutup, maka total produksi minyak Indonesia pun akan kehilangan 2.000 bopd lainnya.

“Karena tidak ekonomi, maka ditutup pun tidak akan signifikan,” ujar Dodi.

British Petroleum (BP) di lapangan Onshore West Java juga mendapati kendala produksi. Perawatan kompesor di P/F Lima sehingga suplai gas untuk gas lift terganggu, sejak 11 Juli 2007. Penurunan produksi kurang lebih sebesar 139.655 barel.

Selain itu, Medco E&P Kalimantan juga mengalami kebocoran pipa penyalur, sehingga mengalami penurunan produksi sebesar 4.309 barel. Ditambah pula, terganggunya produksi kondensat ExxonMobil Oil akibat aktivitas pemasangan pipa, produksi pun menurun sebesar 49.259 barel.

Di sisi lain, sejumlah lapangan juga mengalami peningkatan. Di antaranya, Lapangan Anoa, Sulawesi, milik Premier Oil dengan kenaikan produksi sebesar 21.049 barel, kilang Badak LNG Bontang yang dimiliki Total E&P Indonesia dengan kenaikan produksi sebesar 306.745 barel.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: