DPR Dukung Class Action Kenaikan Tarif Tol

DPR mendukung gugatan class action masyarakat dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) atas keputusan pemerintah menaikkan tarif tol. Bahkan F-PPP akan menggalang hak angket jika nanti ditemukan penyelewengan pengelolaan dana tol.Demikian diungkapkan Ketua Fraksi PPP Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Fraksi PBR Diah Defawatie Ande, dan Ketua Badan Sistem Informasi Strategis DPP PAN yang juga anggota DPR Dedy Djamaluddin Malik ketika dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Minggu (2/9).

Menurut Lukman, class action merupakan salah satu jalan bagi publik untuk mencari keadilan. “Class action untuk menuntut pembatalan kenaikan tarif tol itu tidak bisa dihindari dan justru harus didukung karena pemerintah tampaknya tetap ngotot menaikkan tarif tol,” kata Lukman.

Ia menambahkan, Fraksi PPP akan mendukung hingga ke pengadilan tata usaha negara apabila pemerintah tidak juga mengubah kebijakan kenaikan tarif tol. “Fraksi juga minta kader di Komisi V untuk melakukan kajian mengenai pengelolaan dana jalan tol. Apabila ternyata ada penyimpangan, kita akan galang hak angket untuk membongkar itu,” tegas Lukman.

Hal senada diungkapkan Diah Defawatie Ande. “Beban masyarakat sudah begitu tinggi, pajak dikenakan pada setiap aktifitas kehidupan. Masa sekarang tarif tol mau naik Bukannya seharusnya secara bertahap turun, perusahaan kan sudah balik modal,” kata Diah, yang juga anggota Komisi XI DPR itu.

Ia menilai, pemerintah dan perusahaan pengelola jalan tol sengaja menutupi perjanjian awal pembangunan jalan tol untuk memberikan keuntungan kepada pihak tertentu, tapi merugikan masyarakat.

“Investasi jalan tol itu besarnya ketika pembangunan, tapi kalau sudah lama berjalan, seharusnya biaya tol sudah bisa berkurang. Masyarakat harus lakukan class action kalau tarif tol malah naik,” cetus Diah.

Sementara Dedy Djamaluddin Malik menyatakan pemerintah justru harus membatalkan kenaikan tarif jalan tol. “Logika sederhananya selain seharusnya tarif tol yang terus menurun, juga karena saat ini daya beli masyarakat itu terus menurun termasuk masyarakat kelas menengah ke atas. Bahkan sekarang pelayanan tol pun terus memburuk dengan adanya kemacetan di jalan tol,” ungkap Dedy.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: