Gerakan Indah yang Mematikan

MENYELARASKAN gerak,ritme,serta body languagemerupakan inti dari capoeira. Bela diri ini bisa menjadi alternatif. Capoeira lahir sebagai sebuah seni bela diri yang muncul dari kebudayaan Brasil.

Seni bela diri ini sebenarnya muncul dari hasil budaya kaum budak Afrika, yang dikembangkan menjadi model sebuah pertunjukan seni. Sebab, kaum budak tidak bisa mengembangkan ilmu bela diri secara frontal karena takut dicap pemberontak dan dihukum berat. Alhasil, melalui seni gerak dan musik, gerakan-gerakan bela diri tersebut disisipkan perlahan-lahan. Lambat laun, gerakan ini berevolusi hingga benar-benar membentuk sebuah metode bela diri baru yang mematikan. Namun, bungkusan dari bela diri tersebut terlihat begitu dinamis dan fashionable. Orang pun menikmati seni bela diri ini sebagai sebuah pertunjukan,bukan lagi tampilan gerakan bagian dari martial art.Saat ini,capoeira pun marak sebagai bagian dari dunia hiburan dunia.

Banyak yang mengembangkan sebagai sebuah seni yang menarik untuk disaksikan. Tak salah tentunya, karena gerakan bela diri ini terlihat gemulai layaknya sebuah tarian. Namun,bermacam aksi yang disuguhkan juga sangat atraktif, termasuk akrobatik maupun jurus-jurus bela diri.Sementara itu, musik yang mengiringi muncul sebagai variasi hiburan yang unik dengan sajian tabuhan perkusi khas Brasil. Meski terlihat menyenangkan dan penuh warna,tak bisa dimungkiri bahwa inti dari capoeira adalah sebuah olahraga keras yang bertujuan untuk bela diri.Kemasan yang menghibur itu menjadi daya tarik, karakteristik yang membuat bela diri ini terasa populer dan lebih menyenangkan untuk dimainkan.

“Capoeira sebenarnya merupakan bela diri,bukan tarian atau apa. Lahir dari kebudayaan, musik,serta bahasa.Namun, tetap intinya adalah bela diri. Sebab, tujuan awal para budak membuat gerakan ini adalah untuk melarikan diri dari penjara dan meraih kebebasan,” ujar pendiri capoeira di Indonesia Andrew Wilson. Andrew yang mendalami capoeira sejak 1993 di negara asalnya Brasil, merasa masih banyak yang salah menilai capoeira. Sebab, seperti apa pun gerakan yang ada,capoeira tetap bagian dari bela diri. Artinya, mereka yang ingin belajar harus memperhatikan sekali teknik-teknik gerakan yang ada di setiap levelnya. Sebab, dengan menampilkan teknik yang benar, orang akan mendapat manfaat optimal. Bukan sekadar gaya yang keren dalam setiap pertunjukan,juga pemahaman lebih dalam mengenai capoeira itu sendiri.

Para capoerista, sebutan untuk orang yang belajar capoeira, juga mesti memahami bagaimana ritme dalam setiap gerakannya. Dalam latihan pun mereka juga harus sedikit banyak mempelajari bahasa serta musik dari capoeira. “Capoeira berasal dari kebudayaan sehingga mereka juga harus belajar bahasa dan musik yang ada,”tandasnya. Gerakan demi gerakan dalam capoeira mengandung banyak makna. Bukan hanya keindahan, juga untuk kebugaran serta bela diri dalam menghadapi ancaman. Bila rutin melakukan latihan, kesehatan serta kebugaran tubuh bisa didapat dengan baik.

Bahkan, bila dilakukan dengan benar, gerakan ini sudah cukup mengganti gerakan-gerakan fitnes.“Dalam capoeira, banyak detoksifikasi karena keringat yang keluar. Sirkulasi oksigen juga berlangsung baik. Darah merah, darah putih, dan darah kotor tersirkulasi dengan baik,” ungkap pelatih yang mengajar capoeira di Indonesia sejak 2003 itu. Gerakan-gerakan yang dinamis memberikan pembakaran kalori sebanyak 1.500 kalori per jam. Namun, lebih dari itu,gerakan yang ada pada jurus-jurusnya membentuk otot secara keseluruhan.

Sebab, ada banyak sekali latihan gerak yang ditampilkan. “Semua kena.Otot-otot yang ada di seluruh badan hingga otot yang paling kecil pun, dari ujung kepala sampai ke ujung kaki kena semua,”tuturnya. Bahkan, beberapa latihan sangat optimal dipergunakan untuk membuat kesempurnaan dalam membentuk tubuh. Latihan seperti kardio dapat dilakukan hanya melakukan latihan gerak, seperti armada omartelo ataupun armada. Sebab, dalam latihan tendangan berkoneksi langsung dengan otot perut serta otot-otot yang ada di bagian perut ke bawah, termasuk betis.

“Armada omartelo itu banyak main perut.Jadi, kalau mereka ingin latihan capoeira kardio, banyak main repetisi pada gerakan itu. Orang yang ingin latihan untuk six pack, cukup latihan ini, tidak perlu lagi latihan abs,” u n g k a p pelat i h yang tergabung dalam Capoeira International Indonesia itu. Selain sangat efektif untuk menggantikan latihan fitnes, latihan capoeira juga membentuk tubuh menjadi well tone. Tubuh bukan hanya terlihat atletis, juga memiliki ritmis dinamis yang jauh lebih menarik.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: