Harga BBM Industri Naik, Pelaku Usaha Bebankan ke Konsumen

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofyan Wanandi mengatakan, kenaikan BBM industri memang tidak bisa dihindarkan, sebab harga dalam negeri mengikuti pergerakan harga internasional. Sikap pelaku usaha tentunya  membebankan kenaikan ini kepada konsumen, dengan menaikkan harga produksi, terutama untuk hasil produksi yang diminati konsumen.

“Kalau barangnya yang susah laku, tidak dinaikkan, tapi memang keuntungan usaha jadi berkurang,” katanya mengomentari kenaikan harga BBM untuk industri per 1 September 2007, ketika dihubungi via telepon, Jumat (31/8/2007).

Sofyan Wanandi menuturkan, dampak kenaikan mau tidak mau menekan daya saing industri nasional. Pasalnya, biaya produksi akan terdongrak sehingga produk industri semakin sulit bersaing di luar negeri. Namun, pihaknya memahami kenaikan dan berharap pemerintah melakukan efisiensi. “Sektor usaha sudah melakukan berbagai macam efisiensi, kami harap perusahaan-perusahaan pemerintah juga melakukan hal yang sama,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mengurangi kenaikan biaya poduksi saat ini pelaku usaha memerlukan jaminan kepastian hukum dan kebijakan. Menurutnya, ekonomi biaya tinggi bisa ditekan tidak hanya dari sisi komponen produksi, melainkan mengikis berbagai biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha ketika bersinggungan dengan instansi pemerintah, misalnya biaya perizinan dan pungutan-pungutan.

Okezone

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: