Hot Dog Pengganjal Perut saat Lapar

HOTDOGberasal dari luar negeri, tapi lidah orang Indonesia sangat bersahabat dengan menu ini.Sudah jadi gaya hidup? Seorang wanita tengah asyik memotong hotdog di sebuah gerai hotdog kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Bersama rekannya, dia terlihat sangat menikmati setiap irisan roti berisi daging yang telah dilumuri mayones. ”Sesekali ajamakan hotdog, enggak sering juga,” ujar Vina, yang mengaku seminggu sekali menyempatkan waktu memakan hotdog. Vina punya alasan khusus mengapa dia memilih makan hotdog saat makan siang. Menurut dia, makan siang adalah waktu makan yang sangat nanggung untuk makan berat seperti memakan nasi. Jadi, hotdog dipilih sebagai pengganti makanan berat. Sebab, setelah kenyang makan hotdog, dia tidak perlu lagi menyantap nasi.

“Tujuannya sih untuk menjaga bentuk tubuh,” ujarnya. Hampir senada dengan Vina, Lucy memilih hotdog karena dia selalu makan pada waktu-waktu yang sangat nanggung untuk makan. Saat ditemui di gerai hotdog di sebuah mal,waktu itu jam menunjukkan sekitar pukul 15.00 WIB. ”Jam seperti ini nanggung untuk makan ’berat’,makanya diganjal dengan hotdog, ” ungkap ibu muda ini. Apa pun alasan yang dikemukakan, menikmati hotdog telah menjadi sebuah gaya hidup kaum urban Jakarta.

Melihat peluang ini, pihak pengelola rumah makanan berlomba menyajikan hotdog istimewa. Contohnya, restoran franchise hotdog dari Jerman, Frankfurter. Restoran ini mengaku memiliki hotdog dengan daging kualitas terbaik. Prinsip restoran ini adalah roti boleh sama, tapi daging sosis berbeda. Prinsip ini memang tidak mainmain. Frankfurter, memiliki hotdog dengan banyak variasi daging. Ambil contoh bratwurst, yang berasal dari spesial daging sapi muda.Wiener berasal dari daging ayam serta hotlamb dari daging kambing. Varian daging ini ada guna memanjakan pengunjung sehingga mereka dapat memilih jenis daging sesuai selera.

”Pengunjung juga bisa memilih treasure hotdog,yaitu keju di dalam sosis,” ungkap Supervisor Frankfurter Hotdog Cabang Setiabudi One,Ratno. Restoran yang mulai masuk ke Indonesia sejak 1992 ini juga memiliki cara spesial memanjakan penggemarnya.Mereka membebaskan pembeli memilih dan berkreasi dengan keju akan diparut atau dipotong. Begitu pula dengan bentuk kentang, yang jadi pendamping hotdog. Kentang ini bisa dibentuk beraneka tampilan, tergantung permintaan. Bisa berbentuk zig-zag, bulat, atau memanjang. Sementara itu, Vegas Hotdog punya slogan yang tak kalah menantangnya lagi. Mereka mengaku jika roti bisa sama dan sosis juga sama, tapi mayones belum tentu sama.

Di sinilah letak perbedaan Vegas Hotdog dengan restoran sejenis. Sebab, mayones masing- masing restoran pasti berbeda. Mayones restoran ini home made dengan bumbu rahasia tertentu. Hal ini sangat diakui Supervisor Vegas Hotdog, Enny Gayanti. ”Bahan dasar mayones di restoran ini berasal dari minyak yang dicampur bumbubumbu tertentu. Berwarna agak kekuning-kuningan dan terasa gurih,”ungkapnya. Selain bersaing lewat rasa mayones, restoran yang mulai dibuka pada 2004 ini juga berani bersaing dengan ukuran roti dan sosis. Hal itu bisa dilihat dari menu andalan mereka bernama Super Vegas. Sesuai namanya super,ukuran sosis ini sangat berbeda de- ngan biasanya.

Sosis daging sapi ini berukuran 30 cm dan roti sepanjang 18 cm. Selain sosis dan roti, menu ini terasa super karena ditambah dengan sayuran selada, bawang bombai, dan tomat. Di restoran ini sosis yang tersedia terdiri atas banyak pilihan, seperti daging sapi, daging sapi pedas, daging sapi muda bakar, daging asap, daging ayam. Anda yang takut kelebihan berat badan dapat memilih daging sapi tanpa lemak.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: