Pembangunan Infrastruktur Harus Prioritas

Ketua DPR Agung Laksono mendesak daerah memanfaatkan anggarannya lebih besar untuk pembangunan infrastruktur mulai 2008 mendatang.

’’Perlu ada sinergi kuat antara daerah dan pusat dalammemanfaatkan dana infrastruktur hasil budget reform (reformasi anggaran) yang pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2008 yang meningkat 43% atau tak kurang dari Rp38 triliun,” ungkap Agung saat bertemu Gubernur Provinsi Papua Barnabas Suebu di Jayapura,kemarin.

Dia menambahkan,pembenahan infrastruktur menjadi pilihan utama menggerakkan roda perekonomian nasional, terlebih lagi di daerah-daerah.Dia menilai bahwa program pembangunan infrastruktur itu harus mendapat perhatian serius.

’’Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur memiliki multiplier effect yang jelas, yakni penyerapan lapangan kerja di sektor konstruksi,tumbuhnya purchasing power rakyat, dan seterusnya. Di samping itu, infrastruktur yang lebih baik akan semakin memicu investasi,’’ tuturnya.

Agung juga mengeluhkan banyaknya dana daerah yang diparkir di perbankan, khususnya Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Pada 23 Agustus lalu, Presiden dalam pidatonya di Senayan mengungkapkan,ada dana sebanyak Rp98 triliun lebih yang ditanam di SBI. ’’Namun, kemarin dulu ketika saya mengecek ke BI, jumlahnya bukannya menurun,tapi melonjak drastis jadi Rp143 triliun,’’ ujarnya.

Dia menilai bahwa situasi tersebut tidak bagus dalam mendorong percepatan pembangunan regional. Karena itu,ujar dia,persoalan ini perlu dikoreksi segera. Dana yang telah diperjuangkan dalam APBN harus sebesar-besarnya digunakan secara maksimal, terutama untuk pembangunan infrastruktur,bukannya disimpan untuk hal-hal yang kurang produktif. Agung menambahkan, pembangunan infrastruktur pada anggaran 2008 mengalami peningkatan sekitar 40% dengan memfokuskan kepada pembukaan kantong-kantong produksi di daerah.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: