PEMPROV DKI LANJUTKAN REVITALISASI KOTA TUA

Kepala Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Pemprov DKI Jakarta Aurora Tambunan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melanjutkan kegiatan revitalisasi kota tua yang berada di wilayah ibukota  mulai 28 September 2007 mendatang.

Revitalisasi kota tua tahun 2007 lalu dilaksanakan di Jalan Pintu Besar Utara, rencananya tahun ini akan dikerjakan di Taman Fatahilah termasuk dengan selasar diantaranya sebelah caf蠡Batavia dan gedung kantor pos yang dulunya banyak terdapat pedagang kaki lima (PKL).

Jadi kalau kita berdiri dari depan Museum Fatahilah kemudian melihat ke utara, itu sudah kosong (tidak ada PKL) dan jalur sejarahnya dulu itu di utara ada Gerbang Amsterdam tapi sekarang sudah tidak ada,・ujar Ourora kepada pers di Bakaikota, Jumat (31/8).

Jika menyusuri jalan tersebut terus ke arah utara bisa sampai ke daerah Bahari, dan dipojok antara selasar dengan Taman Fatahilah itu nanti terdapat archeological  show case seluas 2 x 6 m, karena pada zaman dahulu di daerah itu terdapat double track trem.

Kita kan tidak pernah melihat lagi sekarang. Itu digali lalu dirapihkan jadi orang bisa melihatnya, diatasnya akan ditutup kaca. Dahulu trem lewat disitu. Nanti 28 September 2007 insya allah sudah ada juga dua mobil dari Dinas Perhubungan (Dishub) berbentuk troli,・katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan meluncurkan Batavia Art Festival yang rutiin dilaksanakan di Jalan Pintu Besar Utara, Jakarta pada 2 September 2007 mendatang. Sebelumnya pihaknya telah menggelar kegiatan festival kota tua.

Kawasan itu nantinya akan rutin/secara periodik dijadikan kawasan budaya dengan merevitalisasi kota tua tidak hanya secara fisik, karena sekarang ini seolah-olah hanya revitalisasi fisik yang dilakukan.

Aurora menjelaskan, revitalisasi fisik merupakan langkah pertama merevitalisasi kota tua yang seharusnya diikuti dengan revitalisasi ekonomi dan revitalisasi budaya.

Untuk itu, dia meminta warga Jakarta ikut berpartisipasi dalam proses revitalisasi kota tua ini. Masyarakat diminta turut menjaga dan memelihara bangunan tua yang mereka miliki karena bangunan tersebut memiliki nilai sejarah dan nilai ekonomis.

“Kalau bangunan di kawasan kota tua itu dijadikan bangunan yang bernilai ekonomis, maka bangunannya bisa terjaga dengan baik dan bisa menghasilkan uang,” katanya.

 

Kominfo

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: