PENELITI LIPI LUNCURKAN BUKU DEMOGRAFI POLITIK PASCA SOEHARTO

Peneliti Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Riwanto Tirtosudarmo meluncurkan buku yang berjudul Mencari Indonesia: Demografi Politik Pasca Soeharto, di Gedung Widya Graha LIPI  Jakarta, Jumat (31/8).

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, LIPI, Dr. Dewi Fortuna Anwar mengatakan,   Dr. Riwanto Tirtosudarmo yang sudah beberapa kali meluncurkan buku, dan kali ini buku yang berjudul 溺encari Indonesia: Demografi-Politik Pasca Soeharto・dinilai sangat membanggakan karena pengantarnya dari Menteri Pertahanan,  Prof. Juwono Sudarsono.

            Setelah kami renungkan memang hal ini sesuatu yang sebenarnya cukup beralasan, kalau kita berbicara pertahanan sekarang ini,  kita berbicara lebih bagaimana Indonesia mempertahankan diri terhadap suatu serangan konvensional atau inkonvensional dari luar negeri,・ungkapnya.

            Namun, lanjut Dewi Fortuna, kalau melihat bagaimana perjalanan hidup Negara dan bangsa Indonesia, terutama masalah keamanan nasional  lebih berkutat pada masalah dari dalam negeri sendiri, dan masih mencari bentuk Negara.  Tapi dari buku Riwanto tersebut, Dewi Fortuna melihatnya  sebagai pendekatan seorang ahli kependudukan, ahli demografi yang berusaha meneliti secara serius dan konsisten tentang bagaimana yang dinamakan Indonesia itu.

            Menurut Dewi Fortuna, buku tersebut merupakan kumpulan tulisan-tulisan Riwanto ketika menjadi peneliti selama sekian tahun, baik menjadi peneliti tamu di berbagai Negara seperti di Jepang, Amerika dan Belanda, maupun tulisan-tulisannya ketika meneliti di lingkungan LIPI dijadikan suatu koleksi dari satu tulisan.

            Disebutkan, didalam pengantarnya Prof. Juwono Sudarsono mengatakan, mudah-mudahan para pembuat kebijakan bisa merujuk seperti antara lain tulisan  Riwanto di dalam meletakkan dasar-dasar kebijakan publik yang akan berimplikasi.

            Jadi dalam hal ini ada tantangan dari pembuat kebijakan, bahwa tulisan-tulisan para peneliti yang bagus-bagus memang bisa disampaikan sedemikian rupa sehingga menjadi landasan kebijakan,・katanya.

            Sementara itu, menurut Riwanto, buku tersebut merupakan respon intelektual yang bersangkutan terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia sejak lengsernya Soeharto hingga sekarang. Tulisan-tulisan di buku tersebut menurutnya dikumpulkan dalam kurun waktu hampir sepuluh tahun yaitu sejak tahun 1997 hingga 2005.

            Tulisan di buku tersebut mengupas masalah yang cukup beragam, mulai dari perubahan masyarakat atas penerapan otonomi daerah, migrasi tenaga kerja keluar negeri, juga sumber daya manusia di Indonesia menyongsong era desentralisasi.

 

            Penelitiannya sendiri dilakukan di luar Jakarta, seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara, dan beberapa tulisan merupakan hasil catatan omong-omongnya dengan beberapa rekan sejawatnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta, sebuah renungan kecil tentang situasi dan perkembangan ilmu-ilmu sosial di dalam negeri.

Kominfo

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: