Perkembangan Internet Kalah Dibanding Seluler

Kebutuhan data informasi dari internet makin hari akan makin besar. Namun, hingga kini, persentase antara pengguna telepon seluler dengan pengguna internet masih jauh timpang.

Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh mengatakan, saat ini pengguna telepon seluler di Indonesia mencapai 60 juta orang. Namun, pengguna internet baru 6 persen dari populasi penduduk Indonesia atau sekitar 14,4 juta pengguna. “Perkembangan telepon seluler sangat luar biasa sementara internet masih jauh tertinggal,” katanya di Surabaya, Sabtu (1/9).

Nuh mengatakan, di masa mendatang kebutuhan akan informasi dan data lebih penting daripada sekadar kebutuhan pada suara. Saluran untuk kebutuhan data adalah melalui internet.

Namun untuk mendorong perkembangan internet di Indonesia masih memerlukan kerja keras. Sebab infrastruktur masih belum mendukung perkembangan internet. Salah satu usaha yang dilakukan adalah mengoptimalkan pembangunan serat optik.

Pembangunan serat optik akan terpusat pada Indonesia Timur. Untuk pengembangan Indonesia Timur tahun 2008 ini diharapkan selesai pembangunan 10 ribu kilometer sambungan kabel serat optik dengan total investasi mencapai Rp 4 triliun.

Sementara Indonesia Barat perhatian terfokus pada mengintegrasikan beberapa wilayah. Karena banyak daerah di Indonesia Barat sudah terdapat kabel serat optik namun belum terintergrasi. “Diharapkan tahun 2009 mendatang Indonesia Timur dan Indonesia Barat terintegrasi,” tuturnya.

Tempo Interaktif

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: