Subsidi Minyak Goreng Via Pasar Murah dan Program Raskin

Penyaluran subsidi minyak goreng untuk masyarakat miskin akan dilakukan melalui mekanisme pasar murah dan pasar khusus.Selain itu, pemerintah juga tengah mengkaji pemberian subsidi minyak goreng yang dikaitkan dengan program Raskin.

Demikian dikatakan oleh Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurti saat menyampaikan penjelasan Kebijakan Stabilisasi Pangan Pokok September 2007 kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (1/9).

“Subsisi minyak goreng sebesar Rp325 miliar kan sudah ditetapkan dalam APBNP 2007. Untuk penyalurannya ada dua bentuk. Pertama, penjualan minyak goreng curah yang disubsidi harganya melalui pasar murah dan pasar khusus menjelang dan sesudah Idul Fitri 2007 selama tiga bulan,” kata Bayu.

Menurutnya, untuk harga dan jumlah minyak goreng subsidi yang disalurkan melalui mekanisme pasar murah dan pasar khusus disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

“Untuk harga minyak goreng murah dan berapa jumlahnya, itu kondisional,” ujarnya.

Ia mencontohkan, untuk harga minyak goreng yang disebut murah di Jayapura tentunya berbeda dengan yang disebut murah di Surabaya atau di Yogyakarta. Sehingga harga minyak goreng subsidi sangat tergantung pada situasi di tiap wilayah.

Mengenai jumlah minyak goreng subsidi yang akan digelontorkan pemerintah juga disesuaikan dengan jumlah konsumen di tiap daerah.

“Kalau daerah yang konsumennya banyak, mungkin kita akan tambah jumlahnya, sedangkan daerah yang jumlah konsumennya relatif kecil, ya jumlahnya juga kecil,” tambahnya.

Bayu mengatakan, untuk harga dan jumlah minyak goreng subsidi nantinya akan dikoordinasikan dengan beberapa kementerian, masing-masing pemda, swasta dan lembaga lain.

Agar program ini tepat sasaran, Bayu mengatakan pihaknya akan memilih lokasi pasar murah di kantung-kantung penduduk miskin seperti di permukiman kumuh atau di lokasi dekat pabrik sehingga pangsa pasarnya adalah para buruh.

Selain itu, pemerintah juga akan membatasi penjualan minyak goreng subsidi. Misalnya dengan menjual minyak goreng subsidi dengan kemasan kecil.

“Jadi, kalau ada warga yang bawa kantong besar, satu ton misalnya, ya itu kan bukan orang miskin,鋳 katanya.

Selain pasar murah, pemerintah juga akan memberikan subsidi minyak goreng yang dikaitkan dengan program Raskin. Namun, penyaluran melalui mekanisme ini hingga saat ini masih dikaji.

Hal itu dilakukan untuk meringankan beban rumah tangga miskin akibat melonjaknya harga minyak goreng.

“Selain kita jual minyak gorengnya di pasar murah, kita juga sedang mengkaji subsidi tunai pembelian minyak goreng oleh rumah tangga miskin. Tapi, ini masih dikaji,” kata Bayu.

Misalnya, kata Bayu, selama ini rumah tangga miskin membeli 10 kilogram beras miskin dari Bulog senilai Rp 10.000. Dengan adanya subsidi tunai untuk membeli minyak goreng, rumah tangga miskin yang tadinya membayar Rp10 ribu untuk 10 kg beras, kini cukup membayar Rp5.000 untuk jumlah beras yang sama.

“Yang tadinya uang Rp5.000 itu untuk beli beras, nah Rp5.000 sisanya itu bisa dipakai untuk beli minyak goreng. Jadi, bentuk subsidinya adalah bentuk subsidi tunai,” jelasnya.

Meski mekanismenya melalui program Raskin, namun Bayu mengatakan subsidi itu bukan subsidi Raskin sehingga tidak menurunkan harga Raskinnya. Tetapi, mekanisme itu dipakai untuk memudahkan administrasi dan pelaksanaan penyaluran subsidi tunai minyak goreng.

“Karena itu, kita masih kaji terus. Mudah-mudahan tidak terlalu lama. Nanti, kita akan tetapkan apakah subsidi tunainya Rp5.000 atau Rp7.000. Itu akan diputuskan kemudian, tapi itu salah satu alternatif yang mungkin dipakai,” ujarnya.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: