16 Biro Haji Akan Dibekukan

Menteri Agama (Menag) M Maftuh Basyuni mengakui sebanyak 16 biro penyelenggara ibadah haji terancam akan dicabut izin operasinya selama satu tahun.Sementara satu biro lagi terancam akan dicoret izin operasinya. Kesemua biro tersebut, menurut Menag, terbukti melakukan penyimpangan terkait pelaksanaan ibadah haji. “Biro yang nakal,tetap akan diproses. Karena munculnya keributan dan telantarnya jamaah umrah, sesungguhnya menjadi tanggung jawab penuh biro perjalanan,” tegas Maftuh di Jakarta, akhir pekan lalu. Dia tetap akan menindak tegas biro perjalanan haji nakal. Tahun ini, biro perjalanan yang bermasalah diperkirakan meningkat. Sanksi bagi biro haji bermasalah ini disesuaikan dengan tingkat kesalahan yang dibuat,mulai pembekuan hingga pencoretan.

“Kalau tahun lalu ada sekitar 20 biro yang bermasalah,mungkin tahun ini bisa lebih,” jelasnya. Maftuh juga mengatakan, meski pemerintah tetap mempertahankan penyelenggaraan haji khusus, atau ONH Plus, tetapi tidak akan memberi keistimewaan. Semua jamaah haji, jelas dia, akan diperlakukan sama,tanpa ada pembedaan. Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Departemen Agama (Depag) Slamet Riyanto mengatakan, pihaknya masih terus mengumpulkan data-data dan bukti biro haji yang nakal. Dalam dua atau tiga hari ini, ungkap dia, Depag akan mengumumkan secara resmi biro haji mana yang terkena daftar hitam.

“Saya tidak bisa menyebutkan sekarang. Saat ini tim kami masih terus mengumpulkan data-data,” tegasnya. Slamet mengatakan, Depag akan memberikan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya. Namun yang jelas, dirinya tidak bisa menyebut kesalahan yang paling banyak dilakukan biro perjalanan haji tersebut, dan meminta untuk menunggu hasil kajian dari tim Depag. “Tunggu besok saja,” ujarnya.

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: