BERBAGAI TRADISI DIGELAR MENJELANG PUASA

Puasa tinggal beberapa hari lagi. Umat Islam di beberapa daerah pun siap menyambut kedatangan bulan penuh rahmat ini dengan berbagai cara. Di Jawa, misalnya. Masyarakat di beberapa daerah mempunyai tradisi setiap menjelang puasa, yakni ritual mandi bersama di kolam dan membersihkan sendang atau telaga.Mandi bersama menjelang puasa di antaranya dilakukan warga di kolam Padusan di daerah Brebes, Jawa Tengah. Menjelang Ramadhan, kolam ini selalu dipadati warga. Mereka sudah datang sejak pagi. Warga mempercayai air kolam yang digunakan untuk mandi ini mampu mendatangkan rejeki.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Awalnya, tradisi Padusan ini hanya dilakukan warga yang tinggal di sekitar kolam. Namun, sejak lima tahun terakhir, warga dari luar daerah pun mulai berdatangan untuk mandi bersama.

Selain mempercayai rejeki dari air kolam, warga juga berharap akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Tentu dengan harapan bisa menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Lain lagi dengan masyarakat di Semarang, Jateng. Mereka mempunyai tradisi nyadran, yaitu mendatangi makam para leluluhur. Sebelumnya warga juga membersihkan telaga atau tempat sumber air yang cukup dipercaya. Para laki-laki dan perangkat desa wajib mengikuti ritual ini. Para laki-laki harus mau dikotori dengan lumpur, begitu juga para perangkat desa. Jika tidak maka diyakini mereka akan mendapatkan musibah.

Setelah nyadran kemudian dilanjutkan dengan memotong ayam. Unggas yang dipotong langsung dimasukkan ke sendang. Mereka juga mewajibkan agar sebagian ayam dibawa pulang untuk disantap. Tradisi ini dipercaya bisa menolak bala atau bencana selama menjalankan ibadah puasa.

Metro TV

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: