BPOM REKOMENDASIKAN PENAMBAHAN ZAT PERASA GETIR PADA FORMALIN

Badan  Pengawas  Obat  dan  Makanan  (BPOM) merekomendasikan penambahan Bitrex, yaitu zat perasa getir, pada formalin sebagai salah satu upaya untuk mencegah penggunaan formalin dalam pengolahan makanan. 

“Saya sudah menulis surat ke Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan dan Departemen Kesehatan supaya Bitrex, zat tergetir di dunia, ditambahkan pada formalin agar bahan pengawet itu tidak bisa digunakan pada pangan,” kata Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib di Jakarta, Senin, (3/9).

 

Seusai acara diskusi tentang penanganan kasus obat palsu, Husniah juga mengatakan,  hanya dengan menambahkan satu bagian per sejuta (part per million/ppm) Bitrex pada formalin maka akan menimbulkan rasa pahit dan getir pada formalin apabila ditambahkan pada bahan makanan.

 

Namun demikian, hingga kini pihaknya belum mendapatkan tanggapan atau surat balasan resmi dari Departemen Perindustrian dan Departemen Perdagangan. “Sampai sekarang sedang menunggu jawaban. Tapi beliau (Menteri Perdagangan-red) menyatakan sedang mempelajarinya,” katanya.

 

Kewenangan  untuk mengatur produksi, distribusi dan penggunaan formalin berada di tangan Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian. “Untuk formalin yang diproduksi lokal kewenangannya ada di Departemen Perindustrian dan untuk formalin impor kewenangannya di Departemen Perdagangan,” kata Husniah.

Kominfo

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: