Distribusi Subsidi Minyak Goreng Lewat Tiga Jalur

Pemerintah terapkan tiga jalur ditribusi subsidi minyak goreng untuk masyarakat berpendapatan rendah. Penerapan tiga jalur distribusi ini tetap dilakuan dalam tempo tiga bulan.”Setahun lalu UKM sudah ada sembako murah, nanti ditambah minyak goreng di dalamnya. Selain itu kita akan bekerjasama dengan pemda menjual minyak goreng murah, misalnya Rp7.000/kg dan melalui raskin,” ungkap Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di sela rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (3/9).

Lebih jauh, Mari mengatakan mekanisme distribusi ini tidak mesti dilakukan secara terpisah. Tetapi bisa saja dilakukan secara simultan atau bersamaan. Hal ini ditujukan untuk mencapai sasaran dari program minyak goreng untuk golongan berpendapatan rendah.

Dengan skema ini, Mari menambahkan program ini tidak semata ditujukan pada masyarakat miskin. Kelompok UKM yang sangat tergantung pada komoditas ini bisa juga menikmati program ini.

Ia mengatakan bisa saja di satu tempat ketiga skema distribusi tadi bisa dilakukan. Program ini akan dilaksanakan Depperdag bekerjasama dengan Departemen Koperasi dan UKM serta pemerintah daerah.

“Tidak perlu satu cara, bisa saja ketiganya dilaksanakan pada waktu dan daerah yang sama,” katanya.

Hal senada diungkap Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan Ardiansyah Parman. Ia mengakui saat ini skema raskin memang paling siap. Pasalnya, data rumah tangga miskin dan sistem distribusinya sudah siap dan jalur ini sudah berjalan lama yang dilaksanakan Perum Bulog.

“Bila selama ini RTM (Rumah Tangga Miskin) memperoleh beras 10kg dengan harga Rp10ribu/kg, tapi saat ini mereka hanya membayar Rp5.000/kg. Uang inilah yang dijadikan subsidi bagi mereka membeli minyak goreng,” jelas Ardiansyah.

Dengan cara ini RTM tetap memperoleh bantuan jika ingin membeli minyak goreng. Namun, bagi RTM yang tidak memerlukan minyak goreng bisa memakainya untuk keperluan lain.

Pelaksanaan program seperti ini akan dilaksanakan pada September, Oktober dan November 2007.

Sebelumnya, pada rapat koordinasi akhir minggu lalu, Pemerintah telah mengumumkan mengeluarkan Rp325 miliar untuk subsidi minyak goreng. Subsidi tersebut akan dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui pasar murah dan mekanisme raskin.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: