Elemen Futuristis Kaum Muda

USAI menggelar show tunggalnya, Biyan Wanaatmadja meluncurkan koleksi yang lebih ringan melalui lini ketiganya, (X) S.M.L. Bila “Desert Rose” menjadi perwakilan keanggunan dan eksotisme wanita Asia, maka nuansa masa depan mendominasi rancangan Biyan untuk (X) S.M.L.

Lokasi pelaksanaan acara pun didesain berbeda. Kali ini desainer lulusan London College of Fashion, Inggris tahun 1983 tersebut memilih Dragonfly Restaurant untuk memamerkan 88 koleksi terbarunya. Bila umumnya para model melanggeng cantik di atas catwalk, pada pagelaran malam itu meja bar menjadi ganti runway. Menciptakan iklim yang lebih kasual, segar, dan muda. Begitu juga dengan koleksi yang dihadirkan Biyan. “Ride to Luminous City” diambil sebagai tema yang dituangkan dalam gaya new wave. Meskipun mengambil nuansa new wave sebagai benang merah, gaya futuristis menguasai rancangan Biyan kali ini.

Hal tersebut menurutnya sengaja disesuaikan dengan tren yang digemari saat ini. Alasan itu juga yang membuat pria kelahiran Surabaya, 20 Oktober 1954, tersebut banyak memberikan sentuhan ala space glam dalam kemasan yang lebih ringan. “(X) S.M.L ditujukan bagi mereka yang lebih muda dari dua line lainnya,” ujar Biyan. “Karena itu, mood yang dihadirkan pun berbeda,lebih dinamis tanpa menghilangkan karakter khas Biyan,” lanjutnya. Desainer asal Surabaya ini menggunakan bentukan busana tahun ‘80-an yang dipadukan dengan citra futuristis melalui penggunaan warna kelabu dan metalik. Di sisi lain, sporty attitude dan retro tech memberi sentuhan berbeda pada rancangan Biyan untuk koleksi 2007/2008 tersebut.

Garis rancangannya pun dihadirkan lebih sederhana.Anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) tersebut memadukan busana bervolume dengan potongan ramping yang memberi fokus pada pinggang, baik pada koleksi wanita maupun pria. Karena itu, siluet seperti trapeze dan tunik bergaris A menemani ragam skinny p a n t s capri, juga jodhpurs. Sebagai tambahan, dihadirkan bentukan cropped jacket, slim tailored jacket, juga vest. Adapun, pria diberikan alternatif yang lebih simpel melalui bentukan polo shirt, slim shirt, t-shirt bermotif vintage maupun geometris yang dipadankan bersama slim pants, cropped jacket, serta cardigan. Sementara, syal dan sarung tangan menjadi aksesori pelengkap bila cuaca berubah dingin.

Bahan yang digunakan pun disesuaikan dengan tema. Biyan banyak menggunakan material metalik, kulit, crispy cotton, crispy linen,parasut juga rajut. Menurutnya bahan yang digunakan itu mencerminkan kesan yang ingin dihadirkan. “Lebih dinamis dan sesuai dengan gaya eklektik dari (X) S.M.L,”urainya. Meskipun begitu,kesan cantik tetap terlihat. Motif floral maupun abstrak terkadang hadir menjadi pemanis di sela dominasi corak geometris seperti garis-garis ataupun kotak-kotak. Terutama pada ragam gaun pendek serta tunik yang diperkaya detail embellishment. Lainnya, Biyan menawarkan suasana muda melalui detail cetak dan teknik washed pada beberapa koleksinya, termasuk denim.

Adapun untuk urusan warna, Biyan tidak pernah berubah. Desainer ramah ini tetap konsisten menghadirkan palet lembut dalam setiap rancangannya. Termasuk (X) S.M.L. Barisan warna natural layaknya kelabu, perak, bronze, khaki, dan keemasan terlihat begitu menonjol di antara warna lainnya. Sementara itu, jajaran warna solid seperti tosca, biru kobalt, kuning labu, serta hijau memberikan keunikan tersendiri.

Mencitrakan gaya eklektik, sleek, dan playful dalam nuansa yang lebih segar. Secara keseluruhan,koleksi Biyan untuk (X) S.M.L kali ini jauh berbeda dengan rancangan sebelumnya.Tahun lalu desainer yang telah berkiprah puluhan tahun di industri mode ini lebih banyak menghadirkan gaya feminin dengan detail pita juga korsase. Mengomentari hal tersebut, Biyan hanya berkomentar singkat.“Tren berganti setiap tahun, dan sebagai desainer saya harus adaptif,” tuturnya.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: