Indonesia Berhasil Boyong Dokumen Penting dari Belanda

Pemerintah Indonesia berhasil memboyong sejumlah dokumen penting negara yang sejak lama telah tersimpan di Belanda dan negara lainnya yang pernah menjajah Indonesia.”Arsip pemerintahan Indonesia saat dikendalikan dari Yogyakarta sudah berhasil diboyong dari Belanda ke Indonesia,” kata Kepala Arsip Nasional Djoko Utomo di Kuta, Bali, Senin (3/9).

Seusai mendampingi Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi membuka seminar internasional Arsip sebagai Marwah Bangsa (Archives as Collective Memory of the National), ia mengatakan, demikian pula arsip-arsip negara penting lainnya sudah berhasil dikembalikan ke Indonesia.

“Hampir tidak ada masalah dalam mengembalikan arsip-arsip penting negara, termasuk notulen rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI),” ujar Djoko.

Arsip merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia dan dunia umumnya. Arsip sangat penting bagi penulisan sejarah, karena perkembangan sekarang tidak bisa lepas dari masa lalu negara bersangkutan.

“Arsip-arsip penting Indonesia berada di luar negeri, karena Indonesia pernah dijajah negara lain,” tutur djoko.

Hubungan Indonesia selain dengan Belanda, juga ada dengan Afrika Selatan dan Suriname yang semuanya itu pasti ada arsipnya.

Arsip hubungan antarnegara itu menyangkut berbagai hal, yang semuanya itu memungkinkan untuk bisa didapatkan kembali, meskipun dalam bentuk hasil penggandaannya (copy).

Upaya untuk mendapatkan hasil penggandaan itu karena telah diatur dalam konvensi yang telah disepakati dunia, disamping kerja sama yang terjalin baik lewat kearsipan nasional, ujar Djoko.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: