Kewenangan Bulog Diperluas

Kewenangan Perum Bulog sebagai lembaga ketahanan pangan nasional diperluas. Kewenangan itu terutama soal ketentuan impor beras untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.”Saat ini kami diberikan keleluasaan dalam melakukan impor beras. Keleluasaan itu mulai dari waktu, jumlah, asal negara, jenis, hingga kualitas beras dan tujuan pendaratan beras,” ujar Dirut Perum Bulog Mustafa Abubakar, akhir pekan lalu, di Bogor. Dia mengatakan, Bulog diberikan izin melakukan impor melalui lebih banyak pelabuhan tujuan, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa. Kendati demikian, pendaratan beras impor harus disesuaikan dengan kondisi stok beras di daerah yang bersangkutan.

Dari sisi waktu, lanjut Mustafa, impor beras yang dilakukan Bulog dapat dilaksanakan setiap saat sampai terpenuhinya jumlah alokasi impor yang diberikan pemerintah. Dia menambahkan, Perum Bulog juga diberi kelonggaran untuk jenis ataupun kualitas beras. Bulog diberikan izin untuk melakukan impor beras dengan tingkat kepatahan (broken) hingga 25%. ”Bulog juga diberikan keleluasaan untuk mengimpor dari negara mana saja,”katanya. Terkait distribusi, menurut Mustafa, beras impor tersebut bisa langsung digunakan Bulog untuk melakukan distribusi ke pasar dalam rangka stabilisasi harga beras dalam negeri.

Demikian juga sebaliknya, beras impor tersebut bisa langsung masuk ke gudang Bulog untuk menambah cadangan beras pemerintah, kebutuhan rumah tangga miskin (raskin),atau bisa digunakan untuk bencana alam. Mustafa menjelaskan, berbagai keleluasaan yang diterima Bulog ini seiring penerbitan Surat Menteri Perdagangan No 1109/M-DAG/8/2007, pada Kamis (30/8).

Seputar Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: