LukOil Incar Blok Migas Indonesia Timur

LukOil, perusahaan minyak dan gas bumi asal Rusia, mengincar wilayah blok minyak dan gas bumi milik PT Pertamina (Persero) di wilayah Indonesia Timur.Dirut Pertamina Ari Soemarno dalam kunjungan ke redaksi Media Indonesia, Jakarta, Senin (3/9), mengatakan kemitraan untuk eksplorasi migas dengan LukOil itu sudah disepakati dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang ditandatangani di Moskow, Rusia, beberapa waktu lalu. Namun bentuk definitif dari kerjasama antara dua perusahaan besar itu belum diputuskan secara terperinci.

“Pembicaraan konkret belum ada. Pertamina sudah menawarkan beberapa kemungkinan dengan LukOil untuk bekerjasama di beberapa wilayah Pertamina. Namun, sampai kini masih dalam tahap penjajakan,” kata Ari yang datang didampingi Deputi Direktur Pemasaran Hanung Budya, Sekretaris Perseroan Herman Bastari dan Kepala Divisi Komunikasi Pertamina Wisnuntoro.

Lebih lanjut, Ari menjelaskan, sebelumnya Pertamina menawarkan kemitraan eksplorasi di daerah Jawa. Namun, tawaran itu ditolak LukOil, karena areanya dinilai terlalu kecil.

“Yang di Jawa ada beberapa area yang LukOil katakan terlalu kecil areanya, karena mereka mencari daerah yang prospeknya lebih besar, sehingga mereka mengkondisikan wilayah yang lebih besar,” urai Ari.

Sehingga, kata dia, wilayah yang kini menjadi incaran LukOil berada di Indonesia Timur.

“Ada Serang dan beberapa wilayah lain, tapi saya lupa tepatnya apa.”

Ia menambahkan, pembicaraan lanjutan mengenai kemitraan eksplorasi ini akan kembali dibicarakan dalam kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia pada pekan ini.

Selain membangun kemitraan bersama LukOil untuk eksplorasi migas di wilayah Pertamina, keduanya juga akan bersama-sama mengikuti tender blok-blok migas baru di Indonesi. Ia memperkirakan LukOil mempersiapkan USD4 miliar untuk kerjasama strategis ini.

Berdasarkan keterangan Ari, selain LukOil, perusahaan gas terbesar Rusia, Gazprom juga telah menyatakan keinginannya menjalin kemitraan dengan Pertamina. Namun, belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai bentuk kerjasama yang akan digarap nantinya.

Selain kerjasama migas, dalam kunjungan Presiden Putin akan ikut diteken pula sejumlah proyek kerjasama perdagangan dan investasi bernilai miliaran dollar AS.

LukOil merupakan perusahaan migas terbesar di dunia. Kebayakan dari aktivitas eksplorasi dan produksi perusahaan ini berlokasi di Rusia, dengan sumber migas utamanya berbasis di Siberia Barat. Produk-produk minyak LukOil dijual untuk pasar internasional, di antaranya Eropa Barat dan Timur, serta AS. Cadangan LukOil pada awal 2007 tercatat sebanyak 15.927 juta barel minyak mentah dan 26.5927 miliar kaki kubik gas. Pendapatan bersih LukOil pada 206 tercatat sebesar USD7.484 juta. Sementara Gazprom adalah perusahaan gas terbesar di Rusia yang menyumbangkan sekitar 93% dari produksi gas alam Rusia. Pada 2006, perusahaan ini berhasil membukukan laba bersih sebesar USD24,63 miliar.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: