OPERASI WANALAGA 2007 SELAMATKAN 26 MILYAR UANG NEGARA

Upaya Polri memberantas kejahatan pembalakan liar hingga ke titik nol terus gencar dilaksanakan, terbukti dari Operasi Wanalaga 2007 di wilayah hutan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Jambi, yang telah menyelamatkan uang negara senilai Rp 26 milyar.

             Kabareskrim Mabes Polri, Komjen (Pol.) Bambang Hendarso Danuri dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (3/9), mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil lelang kayu-kayu sitaan beberapa perusahaan pelaku pembalakan liar di empat propinsi tersebut.

 Hasil lelang terhadap kayu-kayu hasil operasi senilai Rp26 milyar berhasil dikembalikan ke kas negara dan itu belum termasuk lelang alat-alat berat yang disita,・ujar Bambang yang didampingi Dir. V Pidana Tertentu (Pidter) Bareskrim Mabes Polri, Brigjen (Pol.) Hadiatmoko.

Lelang kayu sitaan tersebut terdiri dari 10.306,09 M3 kayu olahan dan kayu Log atau bulat mencapai 6.185,85 M3 dan 18.939 batang.

 Dalam operasi Wanalaga 2007, Polisi telah menetapkan 170 tersangka pelaku pembalakan liar dari 135 kasus serupa, dimana 61 kasus hingga kini masih dalam proses penyelidikan sedangkan 74 sisanya dinyatakan selesai pemberkasannya, tinggal dilimpahkan ke Kejaksaan.

Polisi telah menahan mereka dan tidak akan mengeluarkan keputusan penangguhan penahanan.  proses penyelidikannya juga sesuai ketentuan yang berlaku yaitu 55 hari masa penahanan, baru dilimpahkan setelah dinyatakan P21,・tambahnya.

Modus operandi yang terbilang baru dilakukan pelaku pembalakan liar, yaitu dengan membeli surat keputusan sahnya hasil hutan (SKSHH) palsu dari oknum Dishut untuk melengkapi dokumen kayu ilegal yang diperoleh dari hasil tebangan masyarakat yang tidak dilengkapi izin penebangan.

Selain tuntutan melakukan tindak pidana pembalakan liar, beberapa tersangka, antara lain 5 pejabat Dinas Kehutanan di Kaltim juga dituntut telah melakukan tindak pidana korupsi, karena telah menyalahgunakan wewenangnya untuk melegalkan kayu yang terbukti tidak legal.

Bambang juga menegaskan, pihaknya tidak main-main untuk memproses hukum bagi para pelaku pembalakan liar, khususnya bagi oknum aparat yang terbukti ikut terlibat dalam kejahatan itu, contohnya di Kalteng, kini Polisi tengah menyidik personilnya yang diduga terlibat, kalau nanti ada rekomendari dari pengamanan internal Polri (terbukti bersalah) pasti akan langsung dicopot oleh Kapolri.

Kominfo

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: