PE Produk Sawit September 6,5%-40%

Pemerintah menetapkan besaran pungutan ekspor minyak sawit mentah (CPO) bulan ini sebesar 7,5%. Hal ini sejalan dengan pemberlakuan PE progresif untuk produk turunan sawit.”Saya akan menyampaikan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No 94/2007 yang berlaku hari ini. Dalam PMK ini ada lima lampiran. Penggunaannya tergantung pada harganya yakni harga yang berlaku di Rotterdam. Hari ini yang berlaku adalah lampiran empat, jadi untuk produk turunan CPO 7,5%, sementara kernelnya 6,5%,” ungkap Ketua Tim Tarif Departemen Keuangan Anggito Abimanyu di Jakarta, Senin (3/9).

Menurut Anggito, pengenaan PE sebesar itu dilandasi penetapan harga patokan ekspor yang bersumber dari perkembangan harga di pasar spot Rotterdam selama sebulan.

Berdasarkan catatan yang dihimpun Departemen Perdagangan, rata-rata harga CPO di Rotterdam pada Agustus adalah $816/ ton.

Dengan begitu, PE yang dikenakan sesuai PMK untuk periode September sebesar 7,5% (turunan CPO) dan 6,5% (turunan inti sawit). Sementara, untuk tandan buah segar (TBS) sawit dan inti sawit (palm kernel) tetap sebesar 40%.

“Untuk dua produk itu tetap, karena memang untuk itu kita ingin melarang ekspornya. Itu kan untuk bahan baku. Sehingga ditetapkan tarif tertinggi dan ingin digunakan di dalam negeri,” jelas Anggito.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: