Bumi Resources Terbitkan Obligasi Konversi US$150 juta

PT Bumi Resources Tbk, produsen batubara terbesar di dunia, berencana menerbitkan obligasi konversi (convertible bond) zero coupon bergaransi saham treasury senilai maksimum US$150 juta.Rencananya dana hasil penerbitan obligasi yang jatuh tempo pada September 2012 tersebut akan digunakan untuk mendanai sejumlah proyek diversifikasi perseroan.

Menurut Senior Vice President Investor relation PT Bumi Resources Dileep Srivastava, di Jakarta, Selasa (4/9), obligasi tersebut memiliki harga perdana pada tingkat premium Rp3.250 atau 25% lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga penutupan Senin, yang berada pada level Rp2.600.

Bertindak sebagai penjamin emisi penerbitan obligasi tersebut adalah Credit Suisse.

Bumi saat ini memiliki 364,966 juta saham treasury, yang bisa dikonversi menjadi convertible bonds. Jumlah saham treasury tersebut tidak termasuk saham yang telah dikonversi menjadi obligasi, yang dikeluarkan anak perusahaan Bumi, Enercoal Resources Pte. Ltd senilai US$300 juta, yang diterbitkan 28 Juni 2007, dan jatuh tempo Juni 2012 mendatang.

“Namun untuk tahun ini, kami tidak akan menggunakan seluruh saham treasury tersebut, dan hanya akan menerbitkan obligasi konversi senilai maksimal US$150 juta saja,” kata Dileep.

Dileep menambahkan, dana hasil penerbitan obligasi tersebut rencananya akan digunakan untuk mendanai sejumlah proyek pengembangan dan diversifikasi usaha.

“Rencananya kami akan menggunakan dana tersebut untuk eksplorasi emas, biji besi dan tembaga di sejumlah negara,” ungkapnya.

Bumi sendiri, lanjut Dileep, akan melakukan ekspansi ke pertambangan emas dan tembaga di Palu dan Gorontalo, serta pertambangan biji besi di Mauritania.

Wilayah konsesi pertambangan emas dan Tembaga di Palu dan Gorontalo merupakan bekas wilayah eksplorasi Rio Tinto dan BHP Billiton, yang diambilalih oleh Bumi pada 2004 silam. Kedua tambang tersebut ditargetkan akan mulai berproduksi pada 2010 – 2011 mendatang.

Sementara untuk pertambangan batubara, lewat anak usahanya, PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Arutmin, Bumi menargetkan produksi sebesar 59 juta metrik ton, dan mengapalkan batubara sebesar 58 juta metrik ton pada tahun ini.

Jumlah itu meningkat 16% ketimbang pencapaian tahun lalu, yang tercatat sebesar 50 juta metrik ton. Dalam paruh pertama tahun ini, Bumi telah berhasil memasarkan 28,3 juta metrik ton batubara.

Produksi tersebut rencananya akan ditingkatkan hingga mencapai 90 juta metrik ton dalam kurun waktu sampai 2010 mendatang. Produksi sebesar itu untuk memenuhi kebutuhan ekspor dan dalam negeri, termasuk untuk memenuhi kontrak dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar 13 juta metrik ton.

Media Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Bumi Resources Terbitkan Obligasi Konversi US$150 juta

  1. discount coupon mengatakan:

    Thank you for the good writeup. It in fact was
    a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from
    you! By the way, how could we communicate?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: