Dephub lantik 41 penguji sarana kereta api

Departemen Perhubungan melantik tim tenaga penguji sarana perkerataapian 2007 yang beranggotakan 41 orang sebagai bagian dari amanat UU No 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Tim tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian sebanyak 31 orang dan Dishub Jabar dan Jateng masing-masing 2 orang. Kemudian Dishub Yogyakarta, Lampung, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, KNKT, Jatim dan Lampung masing-masing satu orang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Dephub Soemino Eko Saputro mengatakan sistem perkeretaapian memerlukan kualifisikasi kecakapan dan keahlian sumber daya manusia yang mengoperasikan.

“Sebab moda transportasi perkeretaapian sangat sistematik dan memiliki karakteristik sistem dan operasi yang berbeda dengan moda transportasi lainnya,” katanya saat melantik tim tenaga penguji sarana perkeretaapian di Jakarta, hari ini.

Karakteristik tersebut, lanjut dia, ditunjukkan? dengan harus terpenuhinya persyaratan kelaikan dari sarana dan prasarana serta kualifikasi atau keahlian SDM yang mengoperasikan sistem tersebut.

Syarat kelaikan sarana dan operasi dari komponen sistem yang harus memenuhi kriteria teknis yang berhubungan langsung dengan keselamatan a.l. pemastian kelaikan sarana dan prasarana yang laik operasi.

Pemastian tersebut dilakukan melalui tahapan perawatan, pengujian, pemeriksaan sarana dan prasarana perkeretaapian.

Kemudian persyaratan kualifikasi keahlian tenaga perawatan pemeriksaan, pengujian sarana dan prasarana, tenaga operasi dan awak sarana kereta api. Selain itu, standar tolok ukur keselamatan kaitannya dengan regulasi.

Soemino menjelaskan tim penguji bertanggungjawab untuk menguji kelayakan sarana dan prasarana KA guna memperkecil kecelakaan KA. “Jika dalam pengujian tersebut tidak sesuai aturan, mereka dapat dipidana,” katanya.

Bisnis Indonesia

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: