Jakarta Jajaki Pembiayaan Proyek Lewat Obligasi Daerah

Pemerintah Provinsi Jakarta menjajaki pembiayaan proyek-proyek pembangunan di ibu kota melalui obligasi daerah. “Pembiayaan itu untuk proyek besar dan visible,”kata Wakil Gubernur Jakarta Fauzi Bowo kepada wartawan, Selasa (04/09).

Fauzi mengatakan pemerintah tidak ragu untuk menerapkan pembiayaan melalui obligasi daerah. Namun perlu disusun terlebih dahulu road map dan penjadwalan proyek yang akan dibangun.

Pemerintah Jakarta memiliki aneka proyek pembangunan. Antara lain sampah dan pembangunan jalan tol dalam kota. Selama ini pembangunan proyek yang ada, dibiayai melalui jalur konvensional diantaranya pajak, dan retribusi.

Dengan keterbatasan pembiayaan itu, pembangunan tidak berkembang secara signifikan. Tapi dengan cara pembiayaan obligasi daerah diharapkan dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Fauzi menjelaskan pembiayaan melalui obligasi daerah belum seratus persen sipa. Misalnya, mengenai pencatatan aset-aset daerah. Aset pemerintah Jakarta sebagian ada yang bersertifikat orang lain. “Itu tidak berarti Jakarta tidak qualified menerapkan pembiayaan melalui obligasi daerah,”katanya.

Jakarta dilihat dari indikator makro mempunyai angaran yang paling tinggi dibanding daerah lain. Kinerja dan manajemen keuangan yang dimiliki tidak jelek serta utang daerah yang relatif kecil. “ Jadi Jakarta tergolong daerah yang mempunyai kualifikasi baik untuk memulai pembiayaan proyek melalui obligasi daerah,”katanya.

Pemerintah belum bisa memastikan kapan penerapan pembiayaan proyek melalui obligasi daerah ini bisa dilaksanakan. Namun ia menyatakan road map dan kriteria proyek mana saja yang layak dibiayai obligasi daerah akan segera disusun. “Begitu juga dengan percepatan penataan aset daerah,”katanya.

Dalam penerapan pembiayaan obligasi daerah pemerintah tidak menginginkan terjadi keterlambatan pengembalian kewajiban uang yang didapat dari obligasi daerah kepada investor. “Itu sama saja menunjukan ketidakmampuan manajemen keuangan daerah,”ujarnya.

Tempo Interaktif

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: