Menata Patung Figurin Porselen

SENTUHANkecil dan menarik berupa pajangan patung porselen dalam sebuah hunian mampu mempercantik penampilan dan penataan ruang secara keseluruhan.

Patung porselen adalah sebuah art work yang pengerjaannya menggunakan tangan dan dengan kualitas detail yang sangat sempurna. Produk yang memiliki bentuk secara estetis menambah tampilan ruang ini, akan menjadi sesuatu yang membanggakan untuk diperlihatkan dan menjadi sebuah karya seni yang dikagumi karena kecantikan dan keelokannya memberi ambian berbeda pada sebuah hunian. Patung porselen umumnya dibuat dari material clay putih atau merah. Adapun teknik pembuatan patung porselen itu memiliki proses yang sama. Untuk membedakan kualitasnya, dapat dilihat dari pemilihan jenis material yang digunakan.

Guna menghindari rumah terkesan padat dan sumpek dengan beragam patung porselen, ada baiknya tidak semua art work tersebut dipamerkan dan dipajang. Benda seni yang terbuat dari bahan porselen, keramik, atau kristal itu rawan pecah. Meski tidak ada aturan baku menempatkan benda yang rapuh dan memiliki banyak ujung-ujung tajam ini, art work tersebut sebaiknya diletakkan di dalam lemari khusus, di atas meja konsul, kredenza, ambalan, atau di atas perapian. ”Bila ingin menaruh patung figurin di dalam ruang tamu, hal yang paling penting diingat, jangan sampai peletakannya mengganggu lalu lalang orang yang ada di dalamnya,” ujar pria yang hobi mendesain dan membuat sketsa ruang itu.

Bahkan, dalam penataannya pun harus disesuaikan gaya rumah yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk memberi tema senada pada keseluruhan konsep.Komposisi ruang mulai pemilihan warna cat dengan aksesori ini pun harus diperhatikan betul, jangan sampai merusak tatanan. ”Porselen merupakan golongan aksesori yang sering digunakan untuk melengkapi aksesori ruangan. Jadi, penempatannya harus disesuaikan tema dari ruangan tersebut, mulai klasik, etnik, sampai modern,” papar Andri Wardhana, desainer interior dari Wardhana Interior Design, yang bergerak di bidang home furnishing.

Bentuk hewan, guci, maupun figurin akan mengalami pengulangan di setiap dekade. Ragam klasik banyak menghadirkan ornamen-ornamennya yang selaras zaman tersebut, sedangkan ragam modern memiliki tampilan berbeda mengikuti teknik pembuatannya, dioven dengan proses pembakaran tinggi. “Aplikasi porselen modern biasanya merupakan sebuah sculpture menjadi artwork dengan penggabungan material lain yang dapat ditaruh di sebuah ruangan. Jadi, tidak hanya berdiri sendiri, benda seni ini dapat berupa lampu duduk atau vas yang dibuat dengan teknik pengerjaan yang sulit. Tatanannya dapat diletakkan di ruangan yang dapat dilihat di mana pun,” papar Wakil Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta ini.

Dalam mengatur penataan aksesori pembentuk interior tersebut, sebaiknya dipilih ragam pencahayaan yang tepat agar membangkitkan atmosfer dan mood (suasana hati) yang menyenangkan. Sentuhan kecil yang menarik di dalam pencahayaan rumah akan menghadirkan tampilan ruang yang maksimal. Adapun hal yang dapat dilakukan untuk merealisasikannya dengan memberikan pencahayaan, baik downligt, spotlight, maupun indirect lamp (pencahayaan tersembunyi) pada area tertentu seperti hall atau koridor maupun ruang tamu. Dengan demikian, dapat memberikan suasana berbeda, terutama pada malam hari.

Seputar Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

One Response to Menata Patung Figurin Porselen

  1. novi - 085711441319 says:

    Buat yang minat denga patung figurin porselen klasik dan antik produksi jerman dan negara2 eropa timur mulai abad 19 sampai th 1960 an, saya mau jual koleksi saya (sekitar 100 macam pilihan) harga berkisar antara 500 ribu hingga 20 juta. Dijamin asli dan tidak ada duanya di dunia. Koleksi Meissen, Dresden, Sitzendorf, lomonosov, Herend, kristal bohemia, dll. 085711441319

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: