PAN Buka Pendaftaran Calon Legislatif

Partai Amanat Nasional (PAN) akan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat menjadi calon legislatif. PAN akan menerapkan sistem kompetisi guna menghindari calon yang tidak jujur.Menurut Sekjen PAN Zulkifli Hasan, di Jakarta, Senin (3/9) partainya hanya mensyaratkan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan sebagai calon legislatif untuk memiliki kartu tanda anggota partai tersebut.

“Kalau ada yang tidak jujur, maka dengan sistem kompetisi secara alamiah mereka akan tersingkir,” katanya yang ditemui setelah acara pertemuan kader legislatif dan eksekutif PAN se-Indonesia.

Ia mengatakan meski calon legislatif tersebut menunjukkan bukti palsu dukungan masyarakat, kebohongan tersebut akan terbukti dengan sendirinya. Mereka yang manipulatif, kata Zulkifli, tidak akan terpilih saat pemilihan anggota legislatif karena masyarakat tidak mengenalnya.

“Meskipun ada data dukungan fiktif tetap saja ia tidak dikenali dan tidak akan dipilih meskipun menunjukkan ada banyak bukti dukungan,” katanya.

Untuk pendaftaran, katanya, akan dibuka mulai Selasa (4/9). Sementara itu, sistem pemilihan calon legislatif (caleg) terpilih yang digunakan PAN adalah berdasarkan jumlah suara.

Menurut Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir, melalui sistem perolehan suara terbanyak itu, rakyat diberikan kebebasan untuk menentukan wakil-wakil mereka yang duduk di kursi legislatif. Dengan demikian, diharapkan anggota legislatif yang terpilih benar-benar menyuarakan serta membela kepentingan rakyat.

Ia mengatakan sistem suara terbanyak yang diberlakukan ini, diyakini dapat membesarkan PAN. Sehingga diharapkan partai tersebut dapat memaksimalkan perjuangan untuk kepentingan rakyat.

Ia juga mengatakan sistem suara terbanyak ini merupakan pengorbanan yang dilakukan para elit partai demi kepentingan masyarakat. Pengorbanan yang dimaksud adalah para elit partai tidak bisa lagi menggunakan fasilitas nomor urut yang didapatkannya setelah sistem perolehan suara terbanyak diterapkan.

“Kita ingin menunjukkan bahwa elit partai tidak mendahulukan kepentingan pribadinya saja tetapi berjuang untuk partainya, bangsa dan negara,” katanya.

Media Indonesia

Iklan

Perihal buletin
Blog Berita Buletin Bisnis Blog ini Berisi Ringkasan info Bisnis dan Ekonomi/ This Blog consist of economic and business news. Bila anda tertarik untuk memberikan kritik atau saran atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirim melalui email ke buletinbisnis@yahoo.com/ If you have any critic, suggestion or need further information, please feel free to send the question to buletinbisnis@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: